Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anies Baswedan: Kita Itu Bangsa yang Mengecewakan, untuk Orang Pesimis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 28 Agustus 2021, 00:58 WIB
Anies Baswedan: Kita Itu Bangsa yang Mengecewakan, untuk Orang Pesimis
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dalam webinar bertajuk 'Memperkuat Nasionalisme dan Kebangsaan Untuk Mewujudkan Peradaban Indonesia Emas 2045' yang digelar Cides ICMI, Jumat, 27 Agustus/Repro
rmol news logo Bangsa Indonesia harus opitimis dalam menyongsong terwujudnya cita-cita Indonesia Emas 2045. Sikap inilah yang coba ditanam Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, kepada masyarakat luas.

Paslanya, ia melihat Indonesia sebagai bangsa dan negara yang dianugerahi sumber daya yang melimpah harus menjadi tangguh dan ulet di masa depan.

"Saya optimis sekali bangsa ini bisa menjadi bangsa yang tangguh, bangsa yang ulet," ujar Anies dalam webinar bertajuk 'Memperkuat Nasionalisme dan Kebangsaan Untuk Mewujudkan Peradaban Indonesia Emas 2045' yang digelar Cides ICMI, Jumat (27/8).

Anies mengakui, optimisme itu juga yang seringkali membuat Indonesia pantas disebut sebagai bangsa yang mengecewakan. Terutama, bagi mereka yang menjalani kehidupan dengan pesimisme.

"Kita itu bangsa yang sering mengecewakan, mengecewakan orang pesimis. Bangsa Indonesia berulang kali membuat orang pesimis kecewa, karena pesimismenya itu tidak ketemu dengan kenyataan," katanya.

Anies mencontohkan, pada era setelah Reformasi 1998, banyak ahli yang mengkhawatirkan Indonesia akan pecah. Tetapi, kenyataan berkata lain dan Indonesia utuh sampai hari ini.

"Coba kita tengok tahun 2000-an, berbagai ahli berbagai negara mengkhawatirkan Indonesia akan pecah sesudah reformasi, akan seperti tahun 90-an di Eropa Tengah," terangnya.

"Apa yang terjadi? 20 tahun kemudian kita tidak menemukan itu, lagi-lagi Indonesia mengecewakan," pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA