Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pandangan Pengamat, PAN Berpotensi Besar akan Isi Slot Kementerian Non-Parpol

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 30 Agustus 2021, 09:44 WIB
Pandangan Pengamat, PAN Berpotensi Besar akan Isi Slot Kementerian Non-Parpol
Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin/Net
rmol news logo Masuknya Partai Amanat Nasional (PAN) ke koalisi pemerintah terus menuai spekulasi politik. Apalagi terkait dengan jatah kursi di kabinet Indonesia Maju yang kemungkinan diisi PAN.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin meyakini, PAN bakal mendapatkan satu slot kursi menteri di kabinet.

"Kalau kita bicara PAN, mungkin mereka dapat satu kursi. Soal jatah menteri apa, itu tergantung Jokowi," kata Ujang Komarudin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin siang (30/8).

Namun demikian, ia berpandangan bahwa ada beberapa pos kementerian yang cocok diisi partai pimpinan Zulkifli Hasan itu, anatara lainKemendikbud-Ristek, Kementerian Perhubungan, Kemenpan-RB, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Jika kita baca kursi kabinet yang pernah diduduki PAN, Menhub, Menpan RB, Mendikbud, Menhut (KLHK)," lanjut pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia ini.

Dari beragam pos tersebut, Ujang meyakini PAN akan menerima apapun "jatah" kementerian yang akan diberikan oleh Presiden Jokowi. Namun yang pasti, pos kementerian nonparpol yang akan diisi PAN.

"Untuk kali ini sepertinya PAN menyerahkan ke Jokowi soal menteri apa yang akan didapat. Dan kemungkinan besar yang akan digeser menteri dari nonparpol," kata Ujang Komarudin mengakhiri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA