Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setelah Gabung Jokowi, PAN Paling Cocok Dapat Kursi Menteri Keuangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 30 Agustus 2021, 13:54 WIB
Setelah Gabung Jokowi, PAN Paling Cocok Dapat Kursi Menteri Keuangan
Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia's Democratic Policy, Satyo Purwanto/Net
rmol news logo Posisi Menteri Keuangan (Menkeu) dianggap cocok dipegang oleh senior ekonom, Didik J. Rachbini setelah Partai Amanat Nasional (PAN) bergabung ke koalisi pemerintah.

Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia's Democratic Policy, Satyo Purwanto mengatakan, posisi tawar dari PAN jadi penting untuk saat ini.

Kata Satyo, semestinya PAN bisa mengajukan syarat, syarat itu adalah posisi menteri di sektor ekonomi, khususnya Menkeu.

"Dan yang paling cocok adalah Didik J Rachbini yang terkenal kritis terhadap Omnibus law sektor SDA (sumber daya alam) dan Keuangan juga kebijakan utang luar negeri yamg sangat sering dikritisi olehnya," ujar Satyo kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (30/8).

Masyarakat pun kata Satyo, akan melihat komitmen Didik J. Rachbini jika diberikan posisi Menkeu menggantikan Sri Mulyani Indrawati.

"Kita akan lihat komitmennya terhadap kebijakan sektor keuangan ditangan teknokrat PAN yang umumnya memiliki ideologi berbeda dari Sri Mulyani," pungkas Satyo.

Presiden Joko Widodo para Rabu (25/8) mengumpulkan Ketua umum dan Sekjen partai politik anggota koalisi di Istana Negara.

Yang menarik perhatian dalam pertemuan tersebut adalah turut hadirnya Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan dan Sekjen Eddy Soeparno.

Kehadiran PAN itu dibaca oleh sebagian pihak sebagai sinyal kalau dalam waktu dekat akan ada perombakan kabinet Indonesia Maju. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA