Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kisahnya Dibukukan Kader Gerindra, Sandiaga Uno Ulas Alasan Bantu Pemerintah di Masa Pandemi Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 31 Agustus 2021, 19:55 WIB
Kisahnya Dibukukan Kader Gerindra, Sandiaga Uno Ulas Alasan Bantu Pemerintah di Masa Pandemi Covid-19
Sandiaga Salahudin Uno/RMOL
rmol news logo Kiprah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebagai sosok pengusaha sukses namun terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan, menarik perhatian anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad.

Sandiaga sejak sebelum masuk kabinet, disebutkan telah membantu pemerintah membentuk relawan Indonesia bersatu lawan Covid-19.

Fakta-fakta tersebut terungkap di sebuah buku yang berjudul 'Le Parle Covidnomics'. Sebuah buku yang ditulis oleh anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Kamrussamad.

Sandiaga membagikan kisahnya dalam diskusi yang bertajuk 'Edukasi dan Sosialisasi Bedah Buku Le Parle Covidnomics'.

Dia mengatakan, dirinya hendak mengumpulkan pihak-pihak yang hendak membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19.

"Saya waktu itu, tahun lalu membentuk relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 ini dalam kapasitas saya sebagai pengusaha, aktivis, dan saya melihat banyak anak-anak muda ini yang ingin membantu tapi tidak memiliki wadah," ujar Sandiaga Uno di Hotel Kartika Chandra Jakarta, Selasa (31/8).

"Akhirnya kita lahirkan wadah relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19," sambung Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini.

Sandiaga menjelaskan, banyak kajian ihwal pandemi Covid-19. Beberapa di antaranya soal kebangkitan ekonomi suatu negara bergantung pada penanganan Covid-19.

"Kebangkitan sektor ekonomi kita sangat bergantung terhadap penanganan Covid-19. Malah kalau dibilang korelasinya itu adalah korelasi yang nyaris sempurna. Berarti fokus kita adalah penanganan Covid-19 dan hari ini kita melihat bagaimana teman-teman antusias untuk berpartisipasi," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga membeberkan alasannya menggandeng kalangan muda sebagai relawan. Dia menganggap, para pemuda merupakan agent of change.

"Tanggapan bahwa anak-anak muda ini semua lepas tangan, kaum rebahan, ternyata salah. Mereka adalah agen perubahan yang membuat saya sangat tersentuh," kata dia.

Mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini, juga menjelaskan bentuk bantuan para relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19. Dia juga menyebut gerakan mereka menuai sambutan positif dari masyarakat.

"Bantuan sosial yang kita sampaikan pada saat itu ternyata memiliki multiplayer effect. Semakin banyak niat-niat orang baik yang tersalurkan, akhirnya kita dapat menginisiasi 1 juta gerakan masker dan gerakan untuk Bansos," tuturnya

Pada saat itu juga, Sandiaga membantu pemerintah dengan melakukan testing dan tracing. Meskipun di daerah-daerah aglomerasi dengan kasus penyebaran virus corona tinggi.

"Ini yang menurut saya sebagai suatu elemen bangsa, walau saya waktu itu di luar pemerintahan, saya sangat tersentuh bahwa masyarakat kita masyarakat yang tangguh dan siap untuk tumbuh," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA