Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lestari Moerdijat: Peran Perempuan Masih Sangat Dibutuhkan untuk Mewarnai Politik Tanah Air

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 01 September 2021, 08:32 WIB
Lestari Moerdijat: Peran Perempuan Masih Sangat Dibutuhkan untuk Mewarnai Politik Tanah Air
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat/Ist
rmol news logo Perjuangan perempuan Indonesia untuk meningkatkan kiprahnya di bidang politik masih jauh dari berhasil. Perlu langkah kontemplatif untuk mewujudkan gerakan bersama dalam mewujudkannya.

Begitu yang dikatakan Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat menyinggung ihwal perjuangan seorang perempuan di bidang politik.

"Ruang-ruang publik dan undang-undang sebenarnya sudah dibuka untuk keterlibatan lebih banyak perempuan di dalamnya. Jadi sekarang semua tergantung bagaimana strategi dan upaya para perempuan untuk mengisinya,” kata Lestari dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/9).

Menurutnya, saat ini perempuan Indonesia menghadapi rangkaian aral yang melintang dalam mewujudkan peran di bidang politik di Tanah Air.

"Bagaimana kiprah para perempuan Indonesia bisa mewarnai dinamika politik di negeri ini, para perempuan harus mampu menghimpun semua perspektif untuk menjadi masukan yang dapat mewarnai keputusan-keputusan politik bangsa ini,” kata wanita yang akrab disapa Ririe ini.

Politisi Partai Nasdem ini mengatakan, komunikasi publik yang baik dan kemampuan multitasking yang dimiliki perempuan, merupakan faktor yang bisa diandalkan dalam berperan sebagai pemimpin.

Di sisi lain, tambah anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu, dunia juga sudah mencanangkan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) terkait realisasi kesetaraan gender dalam proses pembangunan di setiap negara untuk diwujudkan pada 2030.

"Kesetaraan adalah sikap adil yang harus dimulai dari para perempuan itu sendiri. Meski begitu, tujuan pembangunan tersebut harus tercermin dalam setiap kebijakan yang diambil oleh para pemangku kepentingan di negeri ini,” ucapnya.

Ia pun berharap, para perempuan Indonesia terus berupaya meningkatkan kemampuan diri dan belajar membangun kesadaran untuk menjawab tantangan dalam dinamika politik di tanah air.

Dalam upaya mewujudkan peningkatan peran perempuan di bidang politik bisa direalisasikan lewat gerakan bersama dengan menyampingkan sekat-sekat sosial, politik, dan agama dalan menghadapi berbagai rintangan yang menghadang.

"Saya yakin perempuan Indonesia mampu menghadapi itu semua,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA