Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ahmad Muzani Sanjung Warga Lampung yang Mampu Junjung Tinggi Toleransi

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 01 September 2021, 13:22 WIB
Ahmad Muzani Sanjung Warga Lampung yang Mampu Junjung Tinggi Toleransi
Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Muzani, saat melakukan sosialisasi 4 Pilar di Lampung/Ist
Nilai-nilai empat pilar kebangsaan harus menjadi ruh perjalanan Bangsa Indonesia. Empat pilar kebangsaan ini adalah Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Begitu dikatakan Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Muzani, saat melaksanakan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung, Rabu (1/9).

Di Tulang Bawang Barat, Muzani didampingi oleh Bupati Umar Ahmad dan anggota MPR RI Fraksi Gerindra Dwita Ria Gunadi.

"Sebagai warga negara Indonesia, kita harus memahami empat pilar kebangsaan kita yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Serta pentingnya penguatan agar kita bisa menerapkan itu dalam kehidupan keseharian kita," kata Muzani.

Muzani menjelaskan, kemajemukan dan toleransi yang ada di Lampung telah menunjukkan bahwa warga Lampung menjujung tinggi empat pilar kebangsaan. Hal itu terbukti dari ragam budaya dan suku yang ada di Lampung.

"Kalau mau lihat bukti empat pilar kebangsaan diterapkan dan dijalankan dengan baik, itu ada di Lampung. Warga Lampung sangat terbuka. Warga Lampung menerima semua suku mulai dari Jawa, Bali, Sunda, dan Palembang. Semua ada di sini. Itu bukti bahwa warga Lampung sudah menjalankan empat pilar kebangsaan," ujar Sekjen DPP Gerindra ini.

Menurutnya, jika warga Lampung tidak memahami empat pilar kebangsaan, tidak mungkin mereka dapat menerima pendatang dari berbagai wilayah. Semua suku yang ada di Lampung terbukti dapat menjalin silaturahmi yang baik.

"Itulah kenapa kedamaian bisa tercipta di tengah masyarakat Lampung yang beragam. Di pasar kita lihat ada suku Jawa, Bali, Padang, Palembang, semua berbaur dan saling menjaga ketertiban dan menghormati satu sama lain," jelasnya.

Setelah di Tulang Bawang Barat, sosialisasi dilanjutkan ke Kota Bumi, Lampung Utara. Muzani pun berpesan agar masyarakat Indonesia bercermin kepada toleransi keberagaman yang tinggi antarmasyarakat yang ada di Lampung. Sehingga pembangunan di Lampung tetap berjalan ke arah yang lebih baik.

"Persatuan menciptakan perdamaian. Sementara perdamaian menjadi syarat pembangunan. Kita bersyukur di negara yang kita cintai ini persatuan bisa dijunjung tinggi dan perdamaian bisa dirasakan. Akibatnya pembangunan berdampak bagi kemajuan dan kebaikan masyarakat," demikian Ahmad Muzani.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA