Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Difasilitasi Hasanuddin Wahid, 23 Ribu Pelajar Malang Raya Terima PIP Kemendikbudristek

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Rabu, 01 September 2021, 19:56 WIB
Difasilitasi Hasanuddin Wahid, 23 Ribu Pelajar Malang Raya Terima PIP Kemendikbudristek
Anggota Komisi X DPR RI, Hasanuddin Wahid/Net
rmol news logo Program Indonesia Pintar dari Kemendikbudristek mulai didistribusikan kepada para pelajar yang secara ekonomi tidak mampu.

Anggota Komisi X DPR RI, Hasanuddin Wahid menyerahkan secara simbolis Surat Keputusan penerima PIP (Program Indonesia Pintar). Ia memberikan lebih dari 23 ribu pelajar yang bersal dari 270 sekolah yang berada di Malang Raya, Jawa Timur.

Proses serah terima itu dilakukan Hasanuddin Wahid di SMA Islam Kepanjen, kepada para kepala sekolah se-Malang Raya, yang siswanya menerima PIP tersebut, Rabu (1/9).

Hasanuddin Wahid mengatakan bahwa pelajar penerima PIP dari berbagai tingkatan sekolah, mulai tingkat SD hingga SMA

"Dari SD ada sendiri, dari SMP ada sendiri dan SMA juga ada sendiri. Masing-masing sudah ada plafonnya dari Kementerian," ujar pria yang juga Sekjen PKB itu, Rabu (1/9).

Lebih lanjut dia mengatakan, program ini merupakan usulan sebagai anggota Komisi X DPR RI yang berasal dari dapil Malang Raya. Tujuannya, untuk menjaring pelajar yang berasal dari daerah pemilihannya, mendapatkan program dari Kemendikbudristek.

"Kita hanya mengusulkan aspirasi untuk disampaikan ke Kementerian, agar semakin banyak siswa-siswi se Malang Raya mendapatkan PIP," terang Hasan.

Lebih lanjut Hasan menjelaskan, tiak semua pelajar yang bisa mendapatkan bantuan PIP. Sebab, setiap siswa penerima harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat.

"Utamanya mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu," terangnya.

Meski saat ini proses pembelajaran tidak tatap muka, Hasan menyatakan PIP sudah dialokasikan tiap tahunnya. Dengan demikian, siswa yang kurang mampu akan mendaptkan kemudahan bagi para peserta didik untuk mendapatkan akses pendidikan formal di sekolah.

"PIP tiap tahun selalu kita berikan kepada siswa siswi se Malang Raya. Karena PIP ini membantu warga yang kurang mampu dalam menyekolahkan anak-anaknya," ucapnya.

Ia berharap, dengan adanya bantuan PIP, dapat mempermudah para pelajar bersekolah, dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA