Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mesra dengan AS dan China, Prof Anthony Budiawan: Vietnam Sebentar Lagi Salip Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 04 September 2021, 09:17 WIB
Mesra dengan AS dan China, Prof Anthony Budiawan: Vietnam Sebentar Lagi Salip Indonesia
Managing Director Political Economy and Policy Studies, Anthony Budiawan/Repro
rmol news logo Indonesia diprediksi akan kembali disalip oleh negara tetangga dalam hal pendapatan ekonomi.

Managing Director Political Economy and Policy Studies, Prof Anthony Budiawan memprediksi, negara yang akan menyalip pendapatan ekonomi Indonesia adalah Vietnam.

"Vietnam baru membuka (membangun) ekonominya tahun 1986. Menurut perkiraan saya, tidak lama lagi pendapatan perkapita Vietnam akan melewati Indonesia," kata Prof Anthony dalam diskusi daring bersama aktivis Bursah Zarnubi yang dikutip redaksi, Sabtu (4/9).

Prof Anthony memaparkan, pendapatan perkapita Vietnam saat ini memang di bawah 3 ribu dolar AS, masih di bawah Indonesia yang berada di angka 3.850 dolar AS perkapita. Namun kemungkinan tersalipnya Indonesia bukan isapan jempol semata.

Hal tersebut merujuk pada manajemen hubungan Vietnam dengan negara besar seperti Amerika Serikat dan China. Vietnam sendiri menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang masuk agenda kunjungan Wakil Presiden AS Kamala Harris, sedangkan Indonesia sama sekali tidak masuk daftar Kamala.

"Inilah hebatnya Vietnam, dia bisa maintan ekonomi dengan China dan AS. Ini sangat menarik, kenapa Vietnam bisa memainkan peran begitu? Peran negara nonblok yang dulu dipegang Indonesia justru diambil alih oleh Vietnam," tegasnya.

Berkat manajemen hubungan internasional yang baik dengan AS dan China, ekonomi Vietnam lebih baik dari Indonesia.

"Perdagangan Vietnam dan China lebih besar dari Indonesia-China, Begitu pun dengan AS, surplusnya bisa sampai 63 miliar dolar AS. Kita (Indonesia) cuma 10 miliar dolar AS tahun 2020," lanjutnya.

"Jadi perjalanan ekonomi Indonesia dari tahun 1970-an sudah ketinggalan dari Thailand, Malaysia, Singapura, dan sekarang Vietnam," tandasnya.

Diskusi tersebut dipandu aktivis Bursah Zarnubi dengan pembicara lain Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) sekaligus CEO RMOL Network, Teguh Santosa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA