Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

BPJPH Kemenag Sedang Seleksi Calon LPH yang Diajukan Perguruan Tinggi dan Ormas

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Minggu, 05 September 2021, 02:27 WIB
BPJPH Kemenag Sedang Seleksi Calon LPH yang Diajukan Perguruan Tinggi dan Ormas
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama, Mastuki/Repro
Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama saat ini sedang menyeleksi calon lembaga pemeriksa halal (LPH) sebagai upaya percepatan pemberian sertifikasi halal.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama, Mastuki mengatakan, saat ini sudah ada pengajuan calon LPH dari unsur perguruan tinggi dan organisasi kemasyarakatan (Ormas).

Hal tersebut disampaikan Mastuki dalam Muhadatsah Dewan Pakar MES Edisi Ketiga dengan tema “Ekosistem Sertifikasi Jaminan Produk Halal:Menjawab Tantangan Akselerasi Sertifikasi Jaminan Produk Halal”, Sabtu (4/9).

"Ada Unair, Unhas, ITB, UIN, dan ada tiga lagi yang mengajukan. Ini beberapa termasuk beberapa ormas, Muhammadiyah yang massif, NU juga mengajukan," mata Mastuki.

Dijelaskan Mastuki, saat ini juga disiapkan sejumlah kemudahan bagi calon LPH. Salah satunya adalah pelatihan calon auditor.

"Kami sedang pilah LPH-LPH yang sudah memenuhi syarat, karena itu ada kemudahan hanya pada pelatihan calon auditor halal itu sudah kami masukkan dan sudah mendapatkan pandangan hukum," terangnya.

Dia berharap, tim yang sedang bekerja dapat segera menyelesaikan seleksi. Sehingga, dalam waktu dekat sudah didapatkan LPH yang lulus sertifikasi.

"Mudah-mudahan (seleksi) sekarang ini sedang dilaksanakan tim, untuk tidak lama lagi keluar LPH," pungkasnya.

Pada acara yang dibuka oleh Ketua Dewan Pakar MES Perry Warjiyo ini, turut hadir senagai pembicara Sekretaris Dewan Pakar PP MES Suhaji Lestiadi, Founder Javara Indigenous Indonesia Helianti Hilman, Wakil Ketua Dewan Pakar PP MES Erani Yustika, dan anggota Dewan Pakar MES Euis Amalia.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA