Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Survei CISA: PDIP Masih Mendominasi, Disusul Demokrat dan Golkar

LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 05 September 2021, 03:56 WIB
Survei CISA: PDIP Masih Mendominasi, Disusul Demokrat dan Golkar
Ilustrasi/Net
Dominasi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam peta elektoral partai politik di Indonesia hingga saat ini masih cukup kuat. Hal ini terlihat dari hasil survei terbaru Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) bertajuk "Pandemi: Persepsi Publik dan Tren Politik Terkini".  

Dijelaskan Direktur Eksekutif CISA, Herry Mendrofa, hasil survei menunjukkan PDIP meraih 24,58 persen.

Disusul Partai Demokrat yang konsisten di peringkat kedua dengan 18,75 persen. Lalu Partai Golkar yang meraup 14,25 persen di posisi ketiga, serta diikuti Partai Kebangkitan Bangsa yang mendapatkan 10,67 persen.

Sementara Gerindra dan Nasdem tidak berada di posisi lima besar. Selain itu, penguatan elektabilitas Partai Keadilan Sejahtera membuat PAN dan PPP tetap berada di posisi terakhir.

“Gerindra mengalami penurunan dan mendapatkan 7,25 persen. Sedangkan PKS kembali konsisten menguat di angka 9,33 persen, serta Nasdem harus puas karena hanya mendapatkan 5,33 persen," papar Herry melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (4/9).

Di posisi terakhir, lanjut Herry, dihuni Partai Amanat Nasional (PAN) yang mendapat 3,75 persen dan Partai Persatuan Pembanguan (PPP) sebesar 2,92 persen.

Namun, kata dia, masih terdapat 3,17 persen masyarakat yang tidak menjawab soal partai politik.

Survei CISA yang dilakukan pada 27-31 Agustus 2021 ini menyasar 1.200 responden di 34 provinsi dan memiliki margin of error 2,85 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA