Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Susaningtyas Kertapati: Pada Kenyataannya, Taliban Tidak Punya Keinginan Khilafah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 05 September 2021, 11:43 WIB
Susaningtyas Kertapati: Pada Kenyataannya, Taliban Tidak Punya Keinginan Khilafah
Pengamat militer dari Universitas Pertahanan, Susaningtyas Nefo Handayani Kertapati/Net
rmol news logo Kelompok Taliban akan kesulitan mengurus ekonomi Afghanistan jika bercita-cita membentuk sistem khilafah di muka bumi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Di satu sisi, Taliban yang secara de facto berkuasa di Kabul juga harus memastikan arah kepemimpinan mereka tidak radikal.

Begitu pesan dari pengamat militer dari Universitas Pertahanan, Susaningtyas Nefo Handayani Kertapati dalam diskusi virtual bertajuk “Taliban Bermuka Dua ke Indonesia?”, Minggu pagi (5/9).

“Kalau dengan sistem khilafah tentu akan sangat sulit membentuk kepemimpinan yang absolut itu yang mereka butuhkan,” ujarnya.

Nuning, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa sejumlah sumber sejauh ini menyebut bahwa Taliban berbeda dengan ISIS dan kelompok lain yang bercita-cita mendirikan sistem khilafah. Taliban kini sedang mencontoh sistem tata negara yang dimiliki Iran.

“Pada kenyataannya sekarang ini kan saya mendengarnya bahwa Taliban tidak lagi memiliki keinginan dan cita-cita khilafah, seperti halnya kaum radikal yang ada di negara kita melainkan sudah mencontoh Iran,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA