Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pimpinan DPR Minta Aparat Gerak Cepat Pulihkan Lapas Tangerang

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 08 September 2021, 13:28 WIB
Pimpinan DPR Minta Aparat Gerak Cepat Pulihkan Lapas Tangerang
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad/RMOL
Pimpinan DPR RI mendesak penyelidikan terhadap kehadian kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang dilakukan sesegera mungkin.

Selain untuk mencari sebab kebakaran, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, penyelidikan juga diperlukan untuk segera memulihkan situasi di Lapas Tangerang.

"Kami minta kepada aparat penegak hukum untuk supaya bergerak cepat memulihkan keadaan," kata Sufmi Dasco di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/9).

Saat ini memang semua fokus pada evakuasi korban meninggal dan merawat korban luka-luka. Tetapi, kata Dasco, perawatan juga harus dilakukan pada korban selamat lain terutama pada pendampingan psikologis.

"Perlu juga mendampingi secara psikologis bagi para tahanan yang dalam keadaan selamat tapi masih dalam keadaan traumatik," terangnya.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini juga meminta Kementerian Hukum dan HAM melakukan evaluasi soal rencana mitigasi pada semua lapas dalam menghadapi kejadian luar biasa seperti kebakaran.

"Tidak hanya di Tangerang tapi di semua lapas untuk penanganan sistem kebakaran supaya tidak terjadi lagi hal-hal seperti ini," tandasnya.

ARTIKEL LAINNYA