Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Prabowo Subianto Kembali Juara di Survei, Disusul Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 08 September 2021, 15:14 WIB
Prabowo Subianto Kembali Juara di Survei, Disusul Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo
Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tertinggi dari hasil survei SPIN/Net
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendapatkan elektabilitas tertinggi untuk kontestasi Pilpres 2024 nanti. Sementara itu, pada urutan kedua ada nama Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan dan ketiga Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Hal itu terpotret dalam rilis survei terbaru Lembaga survei dari Survei & Polling Indonesia (SPIN) bertajuk "Elektabilitas Tokoh Pemilu 2024".

"Prabowo Subianto kembali juara dengan perolehan elektabilitas sebesar 21,9 persen, disusul berturut-turut oleh Anies Baswedan 16,1 persen, Ganjar Pranowo 15,6 persen, AHY 8,7 persen," kata Direktur SPIN, Igor Dirgantara saat memaparkan hasil surveinya pada Rabu siang (7/9).

Igor menambahkan, selain melihat tingkat elektabilitas, sisi popularitas nama-nama tokoh yang kemungkinan bakal maju dalam Pilpres 2024, Prabowo juga dinilai lebih banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

"Prabowo Subianto masih memiliki tingkat kesukaan yang paling tinggi dibanding calon lainnya. Ada sebesar 76,6 persen responden yang suka," tuturnya.

Igor menilai, bisa jadi hal ini terjadi karena ada peristiwa yang diketahui publik terkait aktivitas-aktivitas publiknya yan tersebar luas dan sangat mudah diakses oleh publik.

Oleh karena itu, ditambahkan Igor, tidak mengherankan bila Elektabilitas Prabowo Subianto berada diposisi puncak dengan perolehan sebesar 21,9 persen.

Sementara itu, pada urutan keempat ada nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas 8,7 persen, disusul Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diurutan kelim dengan 5,0 persen.

Kemudian, Menparekraf Sandiaga Uno 4,9 persen, Ketua DPP PDIP Puan Maharani memeroleh sebesar 23 persen, Mensos Tri Rismaharini 1,8 persen dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 1.6 persen.

"Lalu Gatot Nurmantyo 1,3 persen, Airlangga Hartarto 1,0 persen, Erick Thohir 0,9 persen, Mahfud MD 0,7 persen, dan Tito Karnavian 0,7 persen," demikian Igor.

Survei SPIN ini menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden 1670 dari 34 provinsi di Indonesia. Survei ini digelar pada periode 7-21 Agustus 2021 dengan margin of eror 2,4 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

ARTIKEL LAINNYA