Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Survei SPIN: PDIP Bertengger di Puncak, Dipepet Gerindra dan Golkar

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 08 September 2021, 16:56 WIB
Survei SPIN: PDIP Bertengger di Puncak, Dipepet Gerindra dan Golkar
Ilustrasi PDIP/Net
Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan masih menempati urutan pertama sebagai parpol paling tinggi elektabilitasnya. Disusul Gerindra di posisi kedua dan Golkar menempati urutan ketiga.

Hal itu terpotret dalam rilis survei terbaru Lembaga survei dari Survei & Polling Indonesia (SPIN) bertajuk "Elektabilitas Tokoh Pemilu 2024" dengan kuesioner "Apabila Pemilu 2024 dilaksanakan hari ini Partai Politik mana yang akan anda pilih?".

"Sebesar 18,9 persen responden memilih PDIP. Sementara di posisi kedua dan ketiga dihuni oleh Gerindra 13,3 persen dan Golkar 11,1 persen," ujar Direktur SPIN, Igor Dirgantara saat memaparkan hasil surveinya pada Rabu siang (7/9).

Sementara itu pada posisi keempat ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 8,1 persen disusul Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 7,5 persen dan Nasdem 5,7 persen.

Lalu Partai Demokrat 5,5 persen, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 4,2 persen dan Partai Amanat Nasional (PAN) 2,1 persen.

"Lalu partai papan bawah juga secara konsisten dihuni oleh partai-partai non parlemen pusat dan partai-partai calon kontestan Pemilu," kata Igor.

"Temuan survei ini, merupakan hasil survei yang bersifat sementara dan sangat terbuka kemungkinan akan berubah di masa mendatang. Semakin mendekati hari H semakin dinamis dan cepat perubahannya," imbuhnya.

Survei SPIN ini menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden 1670 dari 34 provinsi di Indonesia. Survei ini digelar pada periode 7-21 Agustus 2021 dengan margin of error 2,4 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

ARTIKEL LAINNYA