Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Disalip Prabowo dan Budi Gunadi Sadikin, sebagai Pejabat Peduli Penanganan Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 08 September 2021, 17:46 WIB
Jokowi Disalip Prabowo dan Budi Gunadi Sadikin, sebagai Pejabat Peduli Penanganan Covid-19
Presiden Jokowi saat umumkan perpanjangan PPKM darurat/Repro
rmol news logo Presiden Joko Widodo (Jokowi) menempati urutan ketiga sebagai pejabat tinggi negara yang dinilai oleh publik paling peduli penanganan pandemi Covid-19.

Sementara, urutan pertama justru ditempati oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dan urutan kedua Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Hal itu terpotret dalam rilis survei terbaru Lembaga survei dari Survei & Polling Indonesia (SPIN) bertajuk "Elektabilitas Tokoh Pemilu 2024" dengan kuesioner "Sebutkan siapa pejabat publik yang paling menitikberatkan pengendalian Covid-19".  

"Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memperoleh 10,7 persen, Prabowo Subianto dianggap oleh responden sebagai sosok yang dipersepsikan oleh 9,9 persen pro kebijakan terhadap penanganan pandemi Covid 19 (kesehatan). Joko Widodo berada di posisi ketiga dengan perolehan sebesar 9,6 persen," ujar Direktur SPIN, Igor Dirgantara saat memaparkan hasil surveinya pada Rabu siang (7/9).

Kemudian, pada urutan selanjutnya berturut-turut persepsi responden melihat tiga figur Gubernur yang menitikberatkan penyelesaian penanggulangan infeksi Covid-19 yakni Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, dan Khofifah Indar Parawansa.

"Lalu Sandiaga Uno, Tri Rismaharini, Puan Maharani dan lainnya (Erick Thohir, Airlangga Hartarto, Tito Karnavian, Sri Mulyani)," kata Igor.

Igor menambahkan, terkait Presiden Jokowi menempati urutan ketiga itu disebabkan oleh faktor Jokowi sebagai kepala negara yang sejatinya memang harud fokus dan konsentrasi terhadap semua sektor, tidak hanya urusan pandemi Covid-19.

Survei SPIN ini menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden 1670 dari 34 provinsi di Indonesia.

Survei ini digelar pada periode 7-21 Agustus 2021 dengan margin of error 2,4 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA