Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Limbah Ciu Cemari Bengawan Solo, Ganjar Pranowo: Ini Sudah Keterlaluan dan Menantang Pemerintah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 09 September 2021, 08:57 WIB
Limbah Ciu Cemari Bengawan Solo, Ganjar Pranowo: Ini Sudah Keterlaluan dan Menantang Pemerintah
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat mengecek pencemaran sungai Bengawan Solo akibat limbah kotoran babi tahun lalu/RMOL Jateng
rmol news logo Pencemaran limbah industri pengolahan ciu di Sungai Bengawan Solo dianggap sudah keterlaluan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pun memastikan akan mengeluarkan tindakan tegas guna menyelesaikan persoalan yang sudah beberapa kali terjadi itu.

Tindakan pihak yang membuang limbah pengolahan ciu tersebut dinilai sudah menantang pemerintah. Terlebih dalam kasus sebelumnya sudah diberikan teguran keras.

"Ini keterlaluan. Sudah dicek, langsung rapat virtual tadi dengan Kementerian LHK. Tentu saja tim lokal sudah turun, tim nasional juga turun, nanti kita akan proses. Kita akan cari," tegas Ganjar diberitakan Kantor Berita RMOLJateng, Kamis (9/9).

Pencemaran limbah industri pengolahan ciu di Bengawan Solo, kata dia, merupakan cerita lama. Modusnya pencemaran kali ini juga masih sama dengan kasus sebelumnya, yaitu membuang kotoran atau limbah pengolahan alkohol di sekitar Blora.

Ganjar menjelaskan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan tindakan tegas terkait kasus tersebut.

"Kami sudah bicara, tidak boleh ada yang main-main. Rasa-rasanya mereka siluman yang membuang itu memang menantang pemerintah. Menurut saya ini sudah kebangetan karena tidak hanya area di Blora, di Solo juga kena," tegas Ganjar.

Tim khusus dari Pemprov Jateng sudah diturunkan untuk melakukan pengecekan dan observasi terkait air Bengawan Solo yang berwarna keruh. Observasi itu dilakukan setelah Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Solo menghentikan pengolahan air di Pos Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, lantaran air sungai terindikasi tercemar limbah ciu, tepatnya pada hari Selasa pagi (7/9).

Pencemaran terjadi di hulu sungai, tepatnya di tempuran Kali Samin. Adapun kasus pencemaran limbah ciu di Bengawan Solo juga sempat terjadi pada tahun 2019 lalu. Saat itu diketahui bahwa pencemaran bersumber dari limbah industri pengolahan ciu di sekitar hulu sungai. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA