Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Jamiluddin Ritonga: Puan dan Ganjar Minim Prestasi Nasional

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 10 September 2021, 21:56 WIB
Jamiluddin Ritonga: Puan dan Ganjar Minim Prestasi Nasional
Kolase foto Puan Maharani dan Ganjar Pranowo/Net
Jika ditanya seumpama Puan Maharani dan Ganjar Pranowo apakah cocok menjadi pimpinan nasional, sangat sulit menjawab. Pasalnya, sulit menilai mana yang lebih berprestasi antar Puan Maharani dan Ganjar Pramono.

Demikian antara lain disampaikan pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat malam (10/9).

"Keduanya belum punya rekam jejak yang moncer di level nasional," kata Jamiluddin.

Jamil mengulas, selama ini Puan menjadi menteri tidak terdengar gebrakan yang monumental. Kebijakan yang diambilnya juga tidak membuat decak kagum masyarakat.

Revolusi mental yang waktu menteri menjadi tugas dan fungsinya, juga tidak berjalan. Tidal jelas capaian revolusi mental selama ditangani Puan. Bahkan sampai saat ini gaungnya saja sudah tidak terdengar.

"Selama jadi Ketua DPR juga belum terlihat prestasinya. DPR seolah hanya berjalan rutinitas. Bahkan fungsi legislasi dinilai paling lemah selama DPR dipimpin Puan," imbuh Jamiluddin.

Sementara Ganjar, belum menunjukan kapasitasnya sebagai pemimpin nasional. Selama menjadi gubernur, Ganjar tampaknya masih sebagai pemimpin lokalit. Pestasinya selama jadi gubernur juga belum ada yang monumental. Belum terlihat kebijakan yang diambilnya berimbas untuk kemajuan nasional.

"Kalau pun harus dinilai, Ganjar memang lebih baik dari Puan dilihat dari elektabilitasnya. Namun melihat sepak terjang lembaga survei belakangan ini, tampaknya wajar bila hasil surveinya diragukan validitasnya," tandas Jamiluddin.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA