Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Beri Kuliah Kebangsaan, Zulhas Ajak Para Santri Bantu Negara Melalui Pendidikan

LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 13 September 2021, 01:46 WIB
Beri Kuliah Kebangsaan, Zulhas Ajak Para Santri Bantu Negara Melalui Pendidikan
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, saat memberikan kuliah kebangsaan bagi bagi warga Ponpes BIMA, Kabupaten Cirebon, Minggu (12/9)/Ist
Setiap warga negara punya kewajiban untuk menjaga persatuan sebagai sebuah bangsa. Sebagai bagian dari warga negara, para santri dan komunitas pesantren pun isa ikut memberi kontribusi bagi bangsa dan negara dengan ikut mencerdaskan bangsa.

“Mencerdaskan kehidupan bangsa adalah amanat konstitusi. Jadi keberadaan pesantren ini sejatinya sudah membantu bangsa dan negara. Tak tanggung-tanggung yang dibantu adalah negara,” ucap Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, saat memberikan kuliah kebangsaan di Pondok Pesantren Bina Insan Mulia (BIMA), Kabupaten Cirebon, Minggu (12/9).

Dalam dialog kebangsaan tersebut selama lebih kurang 30 menit itu, Zulhas berbagi pengalaman serta memberi motivasi untuk para santri.  Ia kemudian mengingatkan pentingnya menjaga rasa persatuan sebagai bangsa.

Kepada para santri, Zulhas juga berpesan agar terus giat belajar untuk meraih cita-cita. Peran para santri ke depan sangat dibutuhkan untuk ikut memajukan bangsa dan negara.

“Berbekal iman dan takwa, serta ilmu dan wawasan yang luas, para santri akan menjadi penentu masa depan bangsa ini kelak,” pesan Wakil Ketua Umum MPR RI.

Kunjungan Zulhas ke pesantren kali ini merupakan rangkaian kunjungan kerjanya ke sejumlah daerah di Jawa Barat. Safari kebangsaan yang dilakukan Zulhas ini dijadwalkan mengunjungi 10 kota di Jawa Barat.

Mulai dari Kabupaten Cirebon, lanjut menuju Pangandaran, Garut, hingga Kabupaten Bandung Barat. Dimulai sejak 12 hingga 16 September 2021 mendatang.

Kota pertama yang dikunjungi Zulhas adalah Kabupaten Cirebon dengan mendatangi Pondok Pesantren Bina Insan Mulia (BIMA) pimpinan KH Imam Jazuli. Di pesantren tersebut, Zulhas memberikan kuliah umum kebangsaan di hadapan ribuan santri serta orangtua/wali yang terhubung secara virtual.

Kunjunganya di Ponpes BIMA diakhiri dengan dialog bersama KH Imam Jazuli. Zulhas banyak mengapresiasi kiprah kiai muda NU itu dalam membina anak-anak bangsa yang berimtaq serta berwawasan internasional.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA