Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Wilayah Luar Jawa-Bali Membaik Meski PPKM Lanjut, Airlangga: Tak Ada Provinsi Level 4

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 13 September 2021, 23:35 WIB
Wilayah Luar Jawa-Bali Membaik Meski PPKM Lanjut, Airlangga: Tak Ada Provinsi Level 4
Menko Bidang Perekonomian yang juga menjabat sebagai Koordinator PPKM luar Pulau Jawa-Bali dan Ketua KPCPEN, Airlangga Hartarto/Repro
Kondisi pandemi di luar wilayah Pulau Jawa dan Bali semakin mengalami perbaikan yang signifikan setelah dua pekan menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Koordinator PPKM luar Pulau Jawa-Bali, Airlangga Hartarto menerangkan, perbaikan yang terjadi bisa dilihat dari perubahan level PPKM yang diterapkan sejumlah daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

"Ada sebanyak 16 kabupaten/kota yang turun dari level 4 ke level 3," ujar Airlagga dalam jumpa pers virtual tentang update PPKM bersama Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Senin malam (13/9).

Bahkan, lanjut Menko Bidang Perekonomian ini, untuk PPKM luar Jawa-Bali di tingkat provinsi kini sudah tidak ada lagi yang berada di level 4. Artinya, dua provinsi yang sebelumnya berada di zonasi resiko tinggi penularan sudah turun ke level 3.

Kemudian, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini juga menyebutkan, provinsi yang menjalankan PPKM Level 3 turun dari 22 provinsi menjadi 16 provinsi.

"Sementara PPKM Level 2 naik dari tiga menjadi 11 provinsi," imbuhnya.

Kendati begitu, Airlangga meminta pemda agar tetap menyiapkan langkah antisipasi dan terus waspada terhadap potensi penularan di lingkungan masyarakat. Karena, masih ada 23 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM Level 4.

"Ini terus kita tetap akan dilaksanakan berbasis level 4, karena kita masih menunggu jumlah vaksinasi agar bisa minimal mencapai 20 persen," demikian Airlangga.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA