Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Anggaran Parekraf Dialihkan untuk Pandemi, Sandiaga Uno Turun Gunung Jadi Mentor

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 14 September 2021, 01:58 WIB
Anggaran Parekraf Dialihkan untuk Pandemi, Sandiaga Uno Turun Gunung Jadi Mentor
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno/Ist
Banyaknya anggaran di kementerian dan lembaga negara yang terkena refocusing atau perubahan alokasi di masa pandemi Covid-19, membuat menteri dan pimpinan lembaga negara dituntut berpikir lebih kreatif dalam menjalankan tugasnya.

Refocusing juga dialami Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Namun, refocusing anggaran tidak menyurutkan langkah Kemenparekraf untuk terus berupaya membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Salah satunya melalui program Apresiasi Kreasi Indonesia.

Untuk memaksimalkan jalannya program, Sandiaga Uno pun memutuskan turun tangan menjadi mentor bagi para pemenang Apresiasi Kreasi Indonesia yang akan digelar di beberapa daerah di Indonesia.

“Saya jadi supermentornya, karena ada pengurangan anggaran. Tapi enggak apa-apa,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulis yang diterima Redaksi, Senin (13/9).

Sandi menjelaskan, sebelumnya ada beragam mentor yang disiapkan untuk kegiatan tersebut. Bahkan, ada mentor yang berasal dari luar negeri. Namun, karena ada refocusing anggaran, maka ia sendiri yang akan turun tangan.

Kepada para peserta Apresiasi Kreasi Indonesia, mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini, bercerita tentang masa lalunya. Dulu ia pernah terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Saat itu, tutur Sandi, dia masih punya bayi. Hal ini kemudian mendorong dia untuk membuka usaha kecil-kecilan dan menjadikan usaha kecil menengah (UKM).

Menurut Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini, pesan utama dari pengalamannya itu adalah, apa yang dia capai seperti sekarang berkat kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas.

“Saya yakin, kalau punya niatan luhur (bisa sukses). Saya juga dulu pernah kecil dengan punya tiga karyawan,” katanya.

Untuk membuat pelaku parekraf ini naik kelas, Sandiaga telah mempersiapkan beragam kolaborasi untuk dilakukan. Salah satunya adalah kegiatan yang digelar Kemenparekraf.

“Saya tentunya akan berkolaborasi dengan mereka, bahkan antarmereka sendiri. Lewat kegiatan ini ada pembicaraan kolaborasi,” pungkasnya.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA