Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Rakyat Perlu Tutorial dari Pejabat Agar Harta Mereka Juga Bisa Naik Saat Pandemi

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 15 September 2021, 08:24 WIB
Rakyat Perlu Tutorial dari Pejabat Agar Harta Mereka Juga Bisa Naik Saat Pandemi
Pakar politik dan hukum dari Universitas Nasional (Unas), Saiful Anam/Net
Presiden Joko Widodo dan para pejabat penyelenggara negara yang mengalami lonjakan harta di tengah pandemi Covid-19 diharapkan dapat memberikan tutorial agar rakyat juga dapat sejahtera di saat krisis ekonomi dan kesehatan.

Harapan itu disampaikan oleh pakar politik dan hukum dari Universitas Nasional (Unas), Saiful Anam menanggapi temuan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bahwa 70 persen lebih penyelenggara negara mengalami peningkatan harta kekayaan berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

"Saya kira rakyat bertanya-tanya sekaligus perlu belajar tutorial cara bagaimana menaikkan harta di masa pandemi," ujar Saiful kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (15/9).

Menurut Saiful, rakyat harus belajar bagaimana cara mendapatkan harta miliaran, sehingga dapat keluar dari jeratan sulitnya perekenomian bangsa. Jokowi dan para menterinya, bisa saja memberikan tips dan trik cara menaikkan harta selama pandemi.

“Jika hal tersebut dipublikasikan secara luas kepada publik, maka publik bisa tercerahkan dalam pencarian keuangan di masa pandemi Covid-19," katanya

Di satu sisi, Saiful menilai harta para pejabat bertambah drastis saat rakyat mengalami kesulitan adalah hal yang tidak elok.

"Meskipun kurang elok juga bagi saya pejabat justru menambah pundi-pundi pemasukan maupun harta di tengah masyarakat kesulitan dalam pencarian nafkah perekonomian di Indonesia," pungkas Saiful.

ARTIKEL LAINNYA