Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Utamakan Rakyat, Pinggirkan Kepentingan Pribadi dan Kelompok dalam Penyediaan Pangan

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 15 September 2021, 18:19 WIB
Utamakan Rakyat, Pinggirkan Kepentingan Pribadi dan Kelompok dalam Penyediaan Pangan
Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi/Ist
Persoalan pangan adalah hajat hidup banyak orang. Tidak boleh ada kepentingan pribadi atau bahkan kepentingan kelompok dalam menyediakan stok pangan bagi masyarakat.

Hal itu ditegaskan Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi saat meresmikan gudang daging sapi PT  Rass Mandiri Utama (RMU) di Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (15/9).

"Kesampingkan kepentingan pribadi dan kelompok agar ketersediaan stok pangan tetap terjaga. Sehingga tercapai kestabilan harga yang menguntungkan petani dan masyarakat," kata Wamentan Harvick.

Ia mengamini, persoalan stok pangan mayoritas masih dilakukan oleh pihak swasta dibanding pemerintah. Hal inilah yang penting ditekankan kepada pemerintah daerah untuk bisa mandiri.

"Setiap kunjungan kerja ke berbagai daerah, saya selalu memotivasi pemerintah daerah hingga ke tingkat kabupaten untuk berani membuat perusahaan daerah di bidang pertanian," tekannya.

Melalui perusda tersebut, kebutuhan pangan dapat diproduksi mandiri. Selain itu, pemerintah daerah pun bisa dapat mengurangi pengangguran melalui perusda.

"Seperti harapan presiden, proses hilirisasi harus dilakukan pada produk-produk hasil pertanian agar bisa diekspor dalam bentuk barang siap konsumsi," tandasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA