Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Chappy Hakim: Garuda adalah Ambassador Indonesia dan Harus Diselamatkan!

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 15 September 2021, 18:55 WIB
Chappy Hakim: Garuda adalah Ambassador Indonesia dan Harus Diselamatkan!
Diskusi Jaya Suprana bersama pengamat penerbangan Chappy Hakim/Repro
Tidak ada alasan lain bagi negara untuk tidak menyelamatkan maskapai kebanggaan Tanah Air, Garuda Indonesia yang tengah terlilit utang hingga Rp 70 triliun.

Hal itu ditegaskan pengamat penerbangan, Chappy Hakim dalam dialog bersama Jaya Suprana.

"Apakah Garuda harus diselamatkan? Tolong dijawab, harus apa tidak?" tanya Jaya Suprana kepada Chappy Hakim dikutip redaksi, Rabu (15/9).

"Jawabannya hilangin aja (pertanyaan) 'apakah'. Selesai itu (harus diselamatkan)," timpal Chappy Hakim yang juga mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU).

Chappy mengurai, faktor utama alasan Garuda Indonesia harus diselamatkan karena perusahaan plat merah itu merupakan simbol negara.

"Garuda merupakan pengibar bendera sang saka merah putih. Kemudian Garuda juga ambassador Indonesia," tuturnya.

Selain itu, Garuda juga merupakan sarana bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam rangka menyejahterakan rakyatnya. Dengan kata lain, Garuda mengemban amanat penderitaan rakyat (Ampera).

"Jadi hal itu merupakan alasan yang sangat mapan, sangat established menjawab pertanyaan tadi," tukasnya.

Kondisi PT Garuda Indonesia Tbk yang sedang terlilit utang hingga mencapai Rp 70 triliun. Maskapai kebanggaan Indonesia itu pun baru-baru ini kalah dalam pengadilan arbitrase London Court of International Arbitration (LCIA), Inggris.

Garuda kalah gugatan yang diajukan salah satu lessor atau perusahaan penyewaan pesawat di pengadilan arbitase London Court of International Arbitration (LCIA). Gugatan lessor pesawat Helice Leasing S.A.S dan Atterisage S.A.S (Goshawk) terkait dengan kewajiban pembayaran sewa pesawat Garuda yang diajukan kepada LCIA awal tahun 2021.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA