Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peternak Unggas Blitar yang Bentangkan Poster Akhirnya Sampaikan Tuntutannya di Hadapan Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 15 September 2021, 18:59 WIB
Peternak Unggas Blitar yang Bentangkan Poster Akhirnya Sampaikan Tuntutannya di Hadapan Jokowi
Presiden Joko Widodo menerima Suroto bersama perwakilan Perhimpunan Insan Perunggasan dan Peternak Ayam Petelur di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu siang, 15 September/Repro
rmol news logo Peternak unggas yang membentangkan poster bertuliskan, "Pak Jokowi bantu peternak beli jagung dengan harga yang wajar", saat kunjungan kerja (Kunker) Presiden Joko Widodo ke Blitar, Jawa Timur, pada Selasa (7/9), akhirnya berbuah manis.

Meski sempat menjadi buah bibir masyarakat karena sempat diamankan dari lokasi kejadian pembentangan poster, sosok pria yang ternyata bernama Suroto itu langsung di undang Presiden Joko Widodo ke Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu siang (15/9).

Dalam kesempatan tersebut, Suroto menjelaskan maksud dan tujuannya membentangkan poster tersebut. Yang mana, salah satu tuntutannya adalah ingin Jokowi membantu permasalahan yang dihadapi peternak unggas.

"Saya percaya satu-satunya orang Indonesia yang pada saat ini yang bisa menolong peternak, ya hanya Pak Jokowi," ujar Suroto dalam siaran kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (15/9).

Adapun alasan mendasar yang membuatnya berani membentangkan poster dihadapan Jokowi karena  sebelumnya para peternak melalui asosiasi dan koperasi sudah mencoba mencari jalan keluar kepada sejumlah lembaga pemerintah, baik yang ada di daerah hingga ke Kementerian Pertanian.

Namun kata Suroto, pertemuan-pertemuan tersebut tidak menghasilkan solusi bagi para peternak yang sedang dalam kondisi sulit tersebut.

"Sedangkan kita terjepit posisinya. Sudah usaha itu tidak bisa jalan, kita produksi telur aja seumpama 100 persen itu masih rugi, sedangkan telur nggak bisa keluar numpuk di gudang kandang itu," keluhnya.

Karena hal tersebut kemudain Suroto mengaku berinisiatif membentangkan poster tersebut agar Jokowi mendengar dan melihat langsung kondisi para peternak.

Meski sempat tak percaya, Suroto akhirnya bersyukur dapat menyampaikan langsung keluh kesahnya kepada Jokowi, dan berharap segera mendapatkan solusi untuk masa depan para peternak.

"Kemarin pagi, pagi jam 8, jadi mendadak, kita enggak tahu, kaget. Ini pasti bohong, ini pasti bohong. Lah iya (ternyata) betul (diundang)," tandas Suroto yang datang bersama perwakilan Perhimpunan Insan Perunggasan dan Peternak Ayam Petelur.

Dalam keterangan tertulis di laman Sekretariat Kabinet, disampaikan bahwa Jokowi telah mengnstruksikan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri Perdagangan, Muhammad Luthfi, untuk segera mencari solusi terbaik bagi sektor perunggasan di Tanah Air.

"Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian akan membuat suatu terobosan yang bisa menyeimbangkan sektor daripada perunggasan ini," ujar Lutfi dalam keterangannya usai mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA