Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pergantian Ketum PDIP Bisa Berubah Jadi Bom Waktu Jika Tidak Disegerakan

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 16 September 2021, 08:49 WIB
Pergantian Ketum PDIP Bisa Berubah Jadi Bom Waktu Jika Tidak Disegerakan
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri/Net
Pergantian pucuk pimpinan PDI Perjuangan yang semakin molor justru akan menguntungkan pihak-pihak tertentu. Di satu sisi, partai banteng moncong putih akan terancam pecah dan tidak lagi solid.

Pakar politik dan hukum dari Universitas Nasional (Unas), Saiful Anam menyarankan agar pergantian ketum di PDIP dilakukan saat ini. Di mana Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sedang dalam keadaan yang sehat dan enerjik seperti disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

"Kalau ditentukan saat ini, pasti publik dan internal PDIP berpikir bahwa kandidat terpilih merupakan kader yang memang sudah mendapatkan restu Megawati. Sehingga kader yang lain menjadi segan untuk tidak tunduk kepada ketum yang mendapatkan restu Megawati," ujar Saiful kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis pagi (16/9).

Penundaan, sambungnya, hanya akan memunculkan perebutan kekuasaan yang luar biasa. Pemilihan ketum bisa berubah menjadi bom waktu yang meluluhlantahkan partai yang kini berkuasa.

"Sehingga bukan tidak mungkin akan semakin terjadi perpecahan di internal parpol,” sambunga.

Di satu sisi, Saiful Anam curiga ada pihak-pihak yang justru merasa diuntungkan karena Megawati belum menunjuk sang penerus. Kelompok ini merasa bisa lebih leluasa menunggangi PDIP di kemudian hari.

“Kelompok ini memang berkeinginan untuk lebih mudah menakhodai PDIP setelah Megawati pergi,” pungkas Saiful.

ARTIKEL LAINNYA