Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ujang Komarudin: Tukar Guling Tjahjo-Tito Sangat Mungkin Terjadi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 16 September 2021, 12:29 WIB
Ujang Komarudin: Tukar Guling Tjahjo-Tito Sangat Mungkin Terjadi
Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin/Net
rmol news logo Tukar guling Menpan RB Tjahjo Kumolo dengan Mendagri Tito Karnavian merupakan sesuatu yang mungkin terjadi dalam reshuffle kabinet mendatang. Sebab dengan tukar guling itu, PDIP bisa “mengendalikan” Pemilu 2024.

Begitu kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu di Jakarta, Kamis siang (16/9). 

Menurut pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia ini, skenario "tukar guling” sangat efektif untuk PDI Perjuangan dan sangat mungkin terjadi.

"Mungkin saja seperti itu. Untuk mengendalikan kepala-kepala daerah. Di politik serba mungkin. Kan untuk amankan pemilu," ujarnya.

Kabar tukar guling ini mulanya disampaikan oleh penggagas lembaga survei KedaiKopi Hendri Satrio.

Dia mendapat kabar bahwa reshuffle kabinet akan dilakukan dalam waktu dekat ini dan akan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Ada desas desus katanya reshuffle yang akan terjadi akhir September atau awal Oktober nanti," ucap Hensat, sapaan akrab Hendri Satrio dalam diskusi virtual bertemakan "Petik Pelajaran, Ngotot 3 Periode Presiden Guinea Digulingkan", Rabu (14/9).

Hensat menerka-nerka sosok yang akan diganti Jokowi. Selain itu, juga akan terjadi pergeseran jabatan di antara menteri kabinet.

"Pak Tito dan Pak Tjaho Kumolo tukeran. Pak Tito jadi PAN RB, Pak Tjahjo jadi Mendagri, nah makin menarik tuh peta politiknya," katanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA