Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Alasan Persiapan Logistik, KPU Bikin Panjang Waktu Kampanye Pemilu 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 16 September 2021, 13:49 WIB
Alasan Persiapan Logistik, KPU Bikin Panjang Waktu Kampanye Pemilu 2024
Ketua KPU, Ilham Saputra/RMOL
rmol news logo Waktu kampanye Pemilu tahun 2024 yang diusulkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal diperpanjang, atau berubah dari usulan pertama yaitu selama 4 bulan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ketua KPU, Ilham Saputra menerangkan, pihaknya sudah mempertimbangkan perpanjangan waktu kampanye. Di mana salah satu alasannya adalah karena ingin menyesuaikan dengan persiapan logistik Pemilu yang memakan waktu hingga 4 bulan.

"Oleh karenanya, usulan KPU kita menambahkan durasi kampanye dengan menyamakan durasi kampanye pada pelaksanaan pemilu 2019 yaitu selama 209 hari atau 7 bulan untuk menghindari potensi tidak tepatnya logistik datang ke TPS," ujar Ilham dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR RI di Gedung Kura-kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (16/9).

Menurut Ilham, durasi kampanye pemilu yang selama 120 hari itu jatuh mulai tanggal 21 Oktober 2023 hingga 17 Februari 2024. Dengan waktu kampanye yang lama itu, proses pengadaan logistik akan dimaksimalkan.

Karena berdasarkan kalkulasinya, Ilham menyebutkan waktu yang dibutuhkan untuk proses pra-pengadaan logistik biasanya dilakukan selama 1 bulan. Setelah itu, akan ada proses pengadaan logistik, dan kemungkinan adanya penambahan waktu jika ada kegagalan, maka dilakukan lelang kembali selama 2 bulan.

"Lalu pelaksanaan pekerjaan ini termasuk proses produksi sampai pengiriman kabupaten kota 3 bulan, pengelolaan gudang itu 50 hari," demikian Ilham. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA