Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tinjau Vaksinasi Massal BIN di Aceh, Jokowi: Setelah Divaksin, Santri Bisa Belajar Tatap Muka

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 16 September 2021, 17:48 WIB
Tinjau Vaksinasi Massal BIN di Aceh, Jokowi: Setelah Divaksin, Santri Bisa Belajar Tatap Muka
Presiden Jokowi saat tinjau vaksinasi di Aceh/RMOL
Antusiasme warga menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo saat meninjau vaksinasi door to door yang digelar Badan Intelijen Negara (BIN) di Desa Lambro Bileu, Kuta Baro, Aceh Besar, Aceh, Kamis (16/9).

Pada kunjungan itu, Presiden Jokowi didampingi Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan.

"Pak Jokowi, Pak Jokowi," ujar para warga sambil melambaikan tangan dan mengibarkan bedera merah putih saat rombongan Presiden Jokowi tiba.

Presiden Jokowi langsung mendatangi beberapa rumah saat tiba di lokasi. Suasana hangat dan penuh keakraban pun tampak antara kepala negata dan warga.

"Hari ini saya bersama-sama dengan Bapak Kepala BIN dan juga Bapak Gubernur Provinsi Aceh, melakukan program vaksinasi door to door, dari pintu ke pintu," ucap Jokowi menyapa warga.

Jokowi mengatakan, vaksinasi door to door tersebut menyediakan 30.000 dosis. Selain itu, ada pula 42.000 dosis vaksin bagi para santri dan pelajar, sehingga totalnya sejumlah 72.000 dosis.

"Vaksinasi ini merupakan salah satu kunci untuk menghambat penyebaran Covid-19 dan kita harapkan dengan percepatan vaksinasi, penyebaran Covid-19 ini, laju  penyebarannya bisa kita kendalikan," kata Jokowi.

Seusai meninjau kegiatan vaksinasi door to door, Jokowi bertolak ke Pondok Pesantren Dayah Istiqamatuddin Darul Mu’arrif, Kabupaten Aceh Besar. Di sana, Jokowi mengecek vaksinasi untuk para santri.

Para warga antusias menyambut Jokowi dari pinggir jalan. Beberapa warga bahkan dipanggil presiden untuk mendekat dan melakukan foto bersama.

Saat berada di Dayah Istiqamatuddin Darul Mu’arrif, Jokowi juga mengecek vaksinasi para santri di beberapa provinsi lainnya secara virtual. Satu di antaranya di Pondok Pesantren Al Rifa'i Kabupaten Malang, Jawa Timur.

"Di sini beta cuma mau bilang ke Bapak Jokowi, danke banyak-banyak karena beta su vaksin. Beta bisa berkumpul dengan teman-teman semua yang ada di sini. Insyaallah kalau udah liburan nanti, beta pengen pulang ke Ambon," ujar santriwati Ponpes Al Rifa'i Kabupaten Malang, Mustika Abdullah saat berdialog secara daring dengan Jokowi.

Jokowi pun menegaskan, para santri maupun pelajar dapat belajar secara tatap muka setelah divaksin. Dengan catatan, daerahnya tidak berada di Level 4 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Adapun vaksinasi door to door, vaksinasi santri, dan vaksinasi pelajar digelar BIN secara serentak di 10 provinsi. Selain Aceh, ke-9 provinsi lainnya adalah Sumater Utara, Riau, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, dan Sulawesi Selatan.

BIN turut memberikan bantuan sosial dalam kegiatan vaksinasi ini. Warga yang divaksin secara door to door menerima paket sembako, sedangkan para santri dan pelajar menerima paket vitamin.

ARTIKEL LAINNYA