Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meutya Hafid Minta Pemerintah Kuatkan Literasi Digital pada Generasi Muda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 16 September 2021, 22:12 WIB
Meutya Hafid Minta Pemerintah Kuatkan Literasi Digital pada Generasi Muda
Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid/Net
rmol news logo Pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika terus didorong untuk melakukan percepatan digitalisasi nasional. Sehingga, masyarakat mendapatkan kemudahan dan kesetaraan akses jaringan internet yang merata.

Begitu disampaikan Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid saat membuka webinar bertajuk Pemanfaatn Ruang Digital Bagi UMKM, yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (16/9).

Kemkominfo sebagai leading sector, kata Meutya Hafid, perlu mengembangkan keterampilan dan kreatifitas digital melalui berbagai kegiatan dengan bermitra bersama sektor swasta. Termasuk juga, mengintegrasikan bersama pemangku kepentingan secara inklusif.

"DPR dalam hal ini Komisi I, mendorong pemerintah untuk terus melakukan sosialisasi cara bermedia sosial yang baik, sehingga mampu meningkatkan literasi digital masyarakat utamanya para generasi muda," ujarnya.

Hadir sebagai pembicara, Direktur Ekonomi Digital Kemenkominfo, I Nyoman Adhiarna. Dia menyampaikan, perkembangan sarana teknologi yang sudah saat ini, sudah membawa manfaat pada peningkatan UMKM digital.

Dijelakan Nyoman Adhiarna, saat ini diperkirakan sudah ada 11 juta UMKM digital Indonesia dan beberapa di antaranya sedang dalam tahap scaling-up.

“Kami berharap hingga akhir tahun 2024 setidaknya ada 30 juta UMKM Indonesia yang akan onboarding secara digital. Oleh karenanya, Kemkominfo memastikan keandalan infrastruktur TIK agar semua orang dapat terhubung secara digital,” jelasnya.

Nyoman memastikan upaya pengembangan UMKM digital tidak akan berhenti sampai di situ saja.

Ditegaskan dia, selain percepatan infrastruktur sebagai pijakan utama akselerasi transformasi digital, Kemkominfo juga tengah menyiapkan terbentuknya masyarakat digital.

"Diantaranya pemerintahan digital, ekonomi digital, hingga peningkatan SDM digital," demikian Nyoman. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA