Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Jika Terjadi Tukar Guling Tito-Tjahjo, Daya Tawar PDIP Lewati Jokowi

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 17 September 2021, 13:27 WIB
Jika Terjadi Tukar Guling Tito-Tjahjo, Daya Tawar PDIP Lewati Jokowi
Presiden Jokowi dan Ketum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri/Net
Desas desus perombakan kabinet atau reshuffle semakin kencang terdengar. Kabarnya, Presiden Joko Widodo akan melakukan reshuffle awal Oktober nanti.

Terkini, santer diberitakan reshuffle juga akan disertai rotasi jabatan. Yakni, Tito Karnavian yang kini menjabat Menteri Dalam Negeri akan bertukar posisi dengan Tjahjo Kumolo sebagai Menpan RB.

Jika itu benar terjadi, kata Direktur Median Rico Marbun, maka akan meningkatkan daya tawar PDIP. Bahkan, daya tawar PDIP bisa lebih tinggi dari Presiden Jokowi.

"Kalau itu terjadi berarti kan daya tawar PDIP menguat lebih daripada presiden," ujar Rico kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (17/9).

Posisi Mendagri menjadi penting bagi PDIP, partai politik yang menaungi Tjahjo. Desas desusnya, untuk menjamin adanya kontrol pada kepala daerah untuk memastikan suara PDIP tidak terganggu di Pemilu Serentak 2024.

Hal ini mengingat akan banyak pelaksana tugas (Plt) kepala daerah yang penunjukannya dilakukan Mendagri.

Hanya saja, Rico tidak yakin kabar tersebut akan terealisasi. Pasalnya, Jokowi sekalipun kader PDIP, tetaplah penguasa yang bisa membuat keputusan tidak mesti sejalan dengan partai.

"Jokowi tetap penguasanya dan bukan partai politik. Artinya dia yang bicara, kapan dan siapa yang akan diganti, termasuk soal tukar menukar ini," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA