Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ternyata, Masyarakat Bojong Koneng Ada yang Sudah Tinggal Sejak Zaman Belanda

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 20 September 2021, 08:49 WIB
Ternyata, Masyarakat Bojong Koneng Ada yang Sudah Tinggal Sejak Zaman Belanda
Anggota DPR RI dari Partai Gerindra, Fadli Zon/Net
Sengketa tanah di Gunung Batu, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor bukan hanya menimpa pakar filsafat Rocky Gerung semata. Melainkan juga ribuan orang yang sudah lama menduduki tanah tersebut.

Begitu simpulan anggota DPR RI dari Partai Gerindra, Fadli Zon saat berbincang dengan tokoh Tionghoa, Lieus Sungkharisma di kediaman Rocky Gerung di Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Ini bukan hanya persoalan Rocky Gerung. Ternyata banyak sekali, ratusan kepala keluarga. Kita nggak tahu, (ternyata) jumlah orangnya bisa ribuan," ujar Fadli dalam video yang diunggah akun YouTube Lieus Sungkharisma, Senin pagi (20/9).

Usai mendengarkan keluhan masyarakat sekitar kediaman Rocky Gerung, Fadli baru mengetahui bahwa ternyata masyarakat sudah tinggal di daerah Bojong Koneng sejak sebelum Indonesia merdeka, yakni pada tahun 1935.

"Berarti kan masih Pemerintah Hindia Belanda, Republik Indonesia saja belum ada, 10 tahun kemudian baru ada. Dan menurut saya ini kasus gunung es gitu ya. Di mana-mana banyak masalah tanah," kata Fadli.

ARTIKEL LAINNYA