Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Warga Bojong Koneng Bersiap Ngadu ke Prabowo, Jubir Gerindra: Tanpa Diminta pun Kami Advokasi

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 20 September 2021, 09:52 WIB
Warga Bojong Koneng Bersiap Ngadu ke Prabowo, Jubir Gerindra: Tanpa Diminta pun Kami Advokasi
Jurubicara Partai Gerindra, Habiburokhman/Net
Rencana pengaduan ribuan warga Bojong Koneng, Bogor yang terancam digusur PT Sentul City kepada Prabowo Subianto ditanggapi positif oleh Partai Gerindra.

Jurubicara Partai Gerindra, Habiburokhman mengatakan, jauh sebelum isu sengketa dan dugaan penyerobotan tanah oleh PT Sentul City, pihaknya sudah mengadvokasi warga.

"Tanpa diminta pun, kami sebenarnya sudah sejak lama mengadvokasi warga (Bojong Koneng), sejak dulu saya sudah mengadvokasi langsung," kata Habiburokhman kepada Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu di Jakarta, Senin (20/9).

Meski begitu, Habiburokhman menilai sengketa warga Bojong Koneng versus PT Sentul City ini merupakan wilayah hukum. Sehingga, intervensi politik sedianya tidak dilakukan oleh pihak manapun.

"Tapi kan ini terkait hukum ya dan kita tidak boleh intervensi dengan pendekatan politik," tuturnya.

Atas dasar itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini meminta aparat penegak hukum dan pihak terkait tidak menggunakan pendekatan kekuasaan terhadap warga Bojong Koneng.  

"Kami minta kepada aparat penegak hukum setempat dan kepolisian ini jangan pakai pendekatan kekuasaan lah. Ya kami berharap jangan ada aksi-aksi sepihak," tegasnya.

"Kami sudah lama advokasi warga, artinya tanpa diminta pun kita sudah melakukan," tutupnya.

Ribuan warga RW 08 Kampung Gunung Batu, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat bersiap menyambangi kediaman Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto untuk meminta pertolongan.

Sedikitnya 400 Kepala Keluarga (KK) yang ada di RW 08 dan terdiri sekitar 1.400 jiwa terancam digusur oleh PT Sentul City lantaran tanahnya diklaim. Padahal, mereka sudah menempati lahan tersebut sejak zaman leluhurnya sekitar tahun 1935.

"Setahu kami Pak Prabowo suka lewat terus ke kampung kami, dia kan seolah-olah, anggaplah selaku tokoh di Bojong Koneng di sini. Tekad kami mau jalan aja ke rumahnya," kata Ketua RW 08 Bojong Koneng, Asep saat berbincang dengan tokoh Tionghoa, Lieus Sungkharisma dan Fadli Zon.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA