Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Airlangga: Penonton PON Papua dan Papernas Wajib Vaksin Dua Kali

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 20 September 2021, 20:59 WIB
Airlangga: Penonton PON Papua dan Papernas Wajib Vaksin Dua Kali
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto/Ist
Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Papernas) XVI Papua akan berjalan secara virtual, dan mesti mengikuti persyaratan yang sudah dibuat pemerintah pusat agar aman dari potensi penularan Covid-19.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto menjelaskan, sejumlah mekanisme dari pelaksanaan PON dan Peparnas salah satunya menganai batasan jumlah penonton.

"Terkait PON tadi Bapak Presiden sudah putuskan, 25 persen penonton dengan syarat vaksinasi dua kali," ujar Airlangga dalam jumpa pers virtual yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin petang (20/9).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menegaskan, nantinya screening terhadap penonton bakal menggunakan platform yang sudah digunakan pemerintah, yaitu aplikasi PeduliLindungi.

Tak cuma itu, direncanakan aplikasi PeduliLindungi juga akam diselaraskan dengan aplikasi sejenis yang sudah digunakan di tingkat global. Tujuannya adalah untuk memastikan penonton dari luar bisa teridentifikasi status atau riwayat vaksinasinya.

Selain itu, Airlangga juga sudah memerintahkam Pemerintah Provinsi Papua untuk menggenjot cakupan vaksinasi untuk masyarakat di daerah pelaksanaan seperti Kota dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, serta Kabupaten Merauke.

Terkait jadwal pelaksanaannya, pemerintah menetapkan PON XX Papua digelar pada 2-15 Oktober 2021. Sementara, untuk Peparnas XVI Papua digelar pada 2-15 November 2021.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA