Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Doli Kurnia: Mau Kasih Saran Seribu Kali, Reshuffle Kabinet Mutlak Tetap Prerogatif Presiden Jokowi

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 21 September 2021, 14:13 WIB
Doli Kurnia: Mau Kasih Saran Seribu Kali, Reshuffle Kabinet Mutlak Tetap Prerogatif Presiden Jokowi
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung/RMOL
Partai politik koalisi pemerintah tidak bisa menekan atau memberikan desakan apapun kepada Presiden Joko Widodo soal kabar akan dilakukannya perombakan atau reshuffle kabinet.

Begitu dikatakan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung sat ditanya wartawan ihwal kencangnya kabar reshuffle kabinet akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Presidenlah yang paling tahu tentang bagaimana dia menyusun posisi kabinet yang akan membantu dirinya," ujar Doli Kurnia di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/9).

Doli Kurnia mengatakan, reshuffle adalah hak mutlak presiden. Sehingga, hanya kepala negara yang tahu kapan perombakan diperlukan untuk dilakukan.

"Kan menteri-menteri ini pembantu dari presiden, jadi presiden yang paling tahu dan bagaimana waktu yang tepat untuk mengganti siapa, siapa yang mau digantikan, itu semua kewenangan dan hak prerogatif presiden," jelasnya.

Ketua Komisi II DPR RI ini pun tidak bisa menjawab, saat ditanya setidaknya adakah saran kepada Presiden Jokowi soal reshuffle tersebut.

"Tidak mungkin ada saran, kita mau kasih saran seribu kali juga kan kewenangan dan hak prerogatif presiden," pungkasnya.

Wacana perombakan kabinet muncul usai pertemuan petinggi Partai politik koalisi pendukung Jokowi di Istana Negara. Dalam pertemuan itu, juga dihadiri oleh Ketua Umum dan Sekjen PAN.

Paska pertemuan itu hingga saat ini terus mengemuka di publik soal perombakan kabinet.

ARTIKEL LAINNYA