Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kang Maman: Kalau Yakin dengan Agama Sendiri, Tidak akan Ada Diskriminasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 21 September 2021, 23:01 WIB
Kang Maman: Kalau Yakin dengan Agama Sendiri, Tidak akan Ada Diskriminasi
Maman Imanulhaq/Net
rmol news logo Kehidupan toleransi dalam keberagaman akan berjalan baik di Indonesia ketika semua orang dapat yakin sepenuhnya pada agamanya.

Begitu dikatakan Wakil Sekretaris Dewan Syuro PKB Maman Imanulhaq dalam dialog Catatan Demokrasi bertema "Mahalnya Harga Toleransi di Negeri Demokrasi", Selasa malam (21/9).

"Menurut saya, kalau kita meyakini agama kita, kita tidak akan melakukan kekerasan atau diskriminasi, tidak juga mengkafirkan orang lain," ujar pria yang akran disapa Kang Maman ini.

Maman menyebutkan, dalam konsep Islam pada dasarnya diantara insan manusia harus mampu saling memahami dan mengenal antar perbedaan yang ada.

"Ada mekanisme dalam Islam di mana kita harus menepatkan perbedaan itu Lita'arofu atau saling mengenal, memahami, saling mencintai dan ketika komitmen kebangsaan kita dikokohkan, maka hari ini kita harus mengembangkan nilai toleransi," terangnya.

Menurutnya, ujian untuk kekokohan toleransi di Indonesia akan selalu ada sebagai tolak ukur pemahaman individu pada agamanya.

"Sekali lagi ujian itu akan terlihat sejauh mana kedewasaan kita beragama, adalah sampai kita memahami agama sebagai energi," pungkasnya.

Hadir dalam dialog tersebut anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Syafii Maarif, tokoh Tionghoa Lieus Sungkharisma, pegiat media sosial Ade Armando, Mustofa Nahrawardaya dan dai Erick Yusuf.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA