Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Legislator Demokrat Pertanyakan Sikap Indonesia Soal AUKUS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 22 September 2021, 21:10 WIB
Legislator Demokrat Pertanyakan Sikap Indonesia Soal AUKUS
Anggota Komisi I DPR Rizki Aulia Rahman Natakusumah/Net
rmol news logo Komisi I DPR berikan perhatian serius terkait rencana Australia untuk membangun kapal selam bertenaga nuklir di bawah kemitraan keamanan Indo-Pasifik, Amerika Serikat, dan Inggris atau AUKUS.

Anggota Komisi I DPR, Rizki Aulia Rahman Natakusumah mempertanyakan sikap pemerintah Indonesia perihal AUKUS. Pertanyaan ini dia lontarkan dalam rapat kerja bersama Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar.

Rizki mengatakan konsep Indo Pacific dengan peaceful approach dalam mengatasi dinamika Laut China Selatan.

"Jadi sudahkah ada kolektif approach, effort bersama secara kolektif di tingkat ASEAN untuk bisa memitigasi permasalahan terkait dengan adanya AUKUS Pact, karena ini isu serius," tanya Rizki di Ruang Rapat Komisi I DPR RI, Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (22/9).

Menurutnya, isu AUKUS memang harus disikapi dengan serius oleh Indonesia. Ia mengharapkan ada upaya diplomasi lebih jauh yang dapat dilakukan melaluai Kementerian Luar Negeri.

"Saya harapkan ada upaya diplomasi yang sudah bukan berlandaskan diplomasi kopi lagi pak, kita bisa memberikan soft touch tapi ini waktunya untuk hard diplomacy menurut saya," demikian legislator Partai Demokrat ini.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA