Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pimpinan Komisi II Kaget Mendagri Tito Usul Pemilu Digelar April atau Mei

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 23 September 2021, 14:30 WIB
Pimpinan Komisi II Kaget Mendagri Tito Usul Pemilu Digelar April atau Mei
Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Luqman Hakim dalam serial diskusi Tanya Jawab Cak Ulung bertema "Tarik Ulur Pemilu 2024"/RMOL
Usulan pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk pencoblosan Pemilu Serentak 2024 digelar April atau Mei, menjadi kejutan tersendiri bagi Pimpinan Komisi II DPR RI.

"Terus terang saya kaget," ujar Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Luqman Hakim dalam serial diskusi Tanya Jawab Cak Ulung bertema 'Tarik Ulur Pemilu 2024' yang digelar Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (23/9).

Luqman Hakim menjelaskan, pada dasarnya Komisi II DPR bersama pemerintah yang diwakili Mendagri serta penyelenggara pemilu telah membentuk tim kerja untuk merumuskan tanggal pelaksanaan Pemilu Serentak.

Hasil pada rapat itu, sebelum dibawa ke Komisi II DPR secara formal, disepakati tanggal pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 digelar 28 Februari dan Pilkada pada 27 November.

"Kami sudah rapat berkali-kali, tetapi, ada masukan dari teman-teman kita di Bali, tanggal 28 Februari bertepatan Galungan, sebaiknya dihindari," sambung Legislator PKB ini.

Terkait rapat terakhir pada 16 November kemarin, di mana muncul usulan dari Mendagri Tito agar Pemilu Serentak digelar April atau Mei, merupakan usulan yang belum dibahas secara resmi.

Kata Luqman, usulan pada rapat tersebut sesuai yang disampaikan KPU RI bahwa Pemilu Serentak tanggal 21 Februari sesuai dengan kesepakatan pada rapat kerja bersama.

"Tanggal 21 Februari bukan murni usulan KPU, tetapi rapat kerja bersama. Selama rapat kerja itu Pak Mendagri tidak pernah hadir, hanya diwakili eselon I dan tidak pernah pemerintah mengusulkan bulan April atau Mei," pungkasnya.

Hadir pembicara lain dalam acara tersebut anggota KPU RI, Hasyim Asyari dan Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA