Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dikunjungi Airlangga, Pelaku UMKM Solo Pastikan Terus Bergerak Atasi Dampak Pandemi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 24 September 2021, 19:54 WIB
Dikunjungi Airlangga, Pelaku UMKM Solo Pastikan Terus Bergerak Atasi Dampak Pandemi
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sata kunjungi pelaku UMKM di Solo/Ist
rmol news logo Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berdialog langsung dengan beberapa pelaku usaha mikro yang tergabung dalam Komunitas UMKM usAHA di Jayengan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (23/9).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam kesempatan itu, hadir 6 perwakilan Komunitas UMKM usAHA. Koordinator UMKM usAHA Kota Solo, Yuhan Perdana mengatakan di Kota Solo sudah ada 255 pelaku UMKM yang bergabung.

Untuk wilayah Jateng dan DIY ada 2080 UMKM, dan jumlah seluruhnya secara nasional ada 11.325 UMKM yang tersebar di 28 Kabupaten/Kota di Pulau Jawa.

Yuhan menerangkan, jumlah anggota komunitas tersebut adalah UMKM yang sudah mengikuti program pelatihan WirausAHA Maju.

"Jadi kami ajak dulu bergabung ikut program pelatihan dulu, lalu kami bentuk komunitasnya," ujar Yuhan.

Yuhan berharap, peserta program wirausAHA bisa terus bertambah sehingga komunitasnya bisa semakin besar.

“Karena kami pedagang-pedagang kecil ini kalau Ora Obah Ora Mamah pak (tidak gerak ya tidak makan). Jadi pandemi ini memang berdampak pada usaha kami, tapi kami tidak diam tetap bergerak dan saling bantu walau harus adaptasi dengan pembatasan-pembatasan," tambah Yuhan.

Meski banyak program pemerintah untuk pemberdayaan UMKM, Yuhan merasa gerakan yang berasal dari masyarakat juga diperlukan.

Ia juga menyampaikan terima kasih pada Airlangga yang telah bersedia menjadi pembina dari UMKM usAHA.

Kepada Airlangga selaku Menko Perekonomian, Yuhan mewakili komunitas UMKM usAHa juga berterima kasih pada pemerintah yang telah membuat program-program untuk mendukung UMKM.

Ia berharap, komunitasnya bisa diberi informasi dan dibimbing agar lebih banyak UMKM yang dapat mengakses berbagai program tersebut.

"Karena ada yang baru dengar-dengar saja tapi tidak tahu cara dan syarat untuk mendapatkannya," kata Yuhan.

Airlangga Hartarto  menyatakan kegiatan hari ini mampir meninjau UMKM di Solo

"Kita mampir saja, ada kelompok masyarakat namanya UMKM usaha, ini sudah  mempunyai ribuan binaan. Karena itu saya lihat lapangannya dan anggotanya siapa saja, dan kebutuhannya seperti apa dalam situasi pandemi covid 19," kata Airlangga.

"Banyak testimoni mengatakan hampir sama di berbagai daerah, termasuk di Solo, akibat pandemi Covid-19, pendapatan turun sampai 50 persen. Sekarang dengan situasi yang lebih terkendali, mudah-mudahan mereka bisa menjadi bangkit kembali," imbuhnya.

Airlangga juga mengatakan pemerintah punya berbagai program untuk UMKM seperti Kredit Usaha Rakyat dengan bunga hanya tiga persen,  yang bisa dimanfaatkan untuk UMKM mengembangkan usaha.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA