Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kinerjanya Dianggap Paling Baik, Demokrat: Masyarakat Menunggu Menparekraf Tingkatkan Ekonomi Kreatif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Sabtu, 25 September 2021, 05:14 WIB
Kinerjanya Dianggap Paling Baik, Demokrat: Masyarakat Menunggu Menparekraf Tingkatkan Ekonomi Kreatif
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno/Repro
rmol news logo Kinerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, dinilai cukup baik oleh Purwa Institute, meski belum genap setahun dalam kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Kesimpulan Purwa Institute dari hasil analisanya terhadap kajian kuantitatif tiga lembaga survei Puspol Indonesia, Indikator Politik Indonesia, dan IPO, turut ditanggapi Partai Demokrat.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Andi Nurpati menilai, survei-dalam tersebut cenderung mengaitkan kinerja para menteri dengan upaya penanganan pandemi Covid-19. Padahal, ada beberapa menteri telah memiliki tugas pokok dan fungsinya sendiri sesuai nomenklatur yang diberikan presiden.

Sehingga, ia menganggap menteri yang tidak bersinggungan langsung dengan masalah pandemi Covid-19 dianggap kurang perform dalam situasi yang ada sekarang ini.

"Kalau kita lihat di sini, Gerindra, Prabowo dan Sandi ada beberapa survei yang menyatakan posisi teratas yang memberikn kepuasan publik. Padahal kedua kementerian tersebut tidak banyak bersentuhan langsung dengan Covid juga. Anggarannya juga cukup untuk bisa melakukan pembenahan-pembenahan," ucap Andi dalam acara diskusi virtual Purwa Insitute bertajuk 'Kinerja Menteri, Siapa yang Paling Progres atau Jeblok?', Jumat (24/9).

Karena itu, ia berpendapat anggapan Purwa Insitute yang menempatkan kiner Sandiaga Uno lebih baik ketimbang menteri lainnya masih belum sesuai dengan tupoksi Kemenparekraf.

Makanya, ia mendorong Sandi agar meningkatkan kembali program kerja di Kemenparekraf yang memang dibutuhkan masyarakat di masa pandemisaat ini. Pasalnya, banyak masyarakat menunggu kerja kreatif Sandiaga, meski dalam survei kinerjanya dianggap mengalami peningkatan selama pandemi.

"Memang Sandi punya keunggulan juga satu sisi ya, kita melihat walaupun Covid Sandi punya satu cara meningkatkan ekonomi kreatif di musim Covid hingga realisasinya seperti apa, ini perlu ditunggu oleh masyarakat. Tapi kalau publikasinya cukuplah," tuturnya.

Andi menambahkan saat ini banyak masyarakat terpuruk akibat pandemi Covid-19, seluruh menteri memiliki kendala dan tantangan besar sehingga diperlukan inovasi besar dan kreatif untuk seluruh masyarakat.

"Saat ini para menteri dihadapi vacumnya situasi masyarakat secara umum, dikarenakan secara aturan memang harus stay at home sehingga pergolakan situasi ekonomi dan lain-lain itu otomatis terbawa oleh kinerja kementerian itu sendiri," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA