Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Airlangga Dorong Pemuda Menjadi Wirausaha Sosial yang Berdayakan Warga Saat Pandemi

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 27 September 2021, 04:36 WIB
Airlangga Dorong Pemuda Menjadi Wirausaha Sosial yang Berdayakan Warga Saat Pandemi
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Repro
Dampak ekonomi yang dialami masyarakat akibat Covid-19 bisa berangsur pulih, apabila para pemuda berwirausaha. Karena secara tidak langsung, mereka telah membuka kesempatan kerja bagi yang kehilangan mata pencahariannya.

Upaya itu didorong Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, selain melaksanakan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagai instrumen penanganan di sisi kesehatan maupun pemulihan ekonomi, yang di dalamnya juga mencakup perlindungan sosial hingga dukungan untuk UMKM dan korporasi.

Kaitannya dengan usaha dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, Airlangga mengatakan bahwa peran serta dan partisipasi seluruh masyarakat, termasuk dari para pemuda dan kader Karang Taruna di seluruh Indonesia, menjadi suatu kebutuhan yang mesti dimulai realisasinya.

"Misalnya dengan menjadi tenaga kesehatan, membantu mengampanyekan dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi dan melaksanakan 3M, membantu pengawasan penyaluran bansos agar tepat sasaran, dan berbagai aktivitas volunteer lainnya," ujar Airlangga dalam keterangan tertulis yang dilansir laman Kemenko Perekonomian, Minggu (26/9).

Selain itu, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini melihat, kontribusi yang dapat dilakukan pemuda dalam pemulihan ekonomi nasional adalah melalui pemberdayaan masyarakat, salah satunya menjadi wirausaha sosial.

"Wirausaha sosial tidak hanya berorientasi profit, namun juga banyak menjalankan berbagai peran untuk memberdayakan masyarakat," paparnya.

Ketua Umum Partai Golkar ini berahrap, berbagaia dukungan dari pemerintah dapat mendorong minat kalangan pemuda untuk berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional.

Dukungan dari Pemerintah tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif, membantu dan menjaga keberlangsungan usaha pelaku usaha mikro menghadapi dampak pandemi, pengembangan kompetensi, meningkatkan produktivitas dan daya saing, serta mengembangkan kewirausahaan.

"Saya sekaligus mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Karang Taruna ke-61. Karang Taruna merupakan organisasi sosial masyarakat yang berperan menghimpun, menggerakkan dan menyalurkan peran-serta generasi muda serta menjadi wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda," ucapnya.

"Karang Taruna diharapkan dapat turut mengaktualisasikan peranannya dalam mengatasi berbagai permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat Indonesia saat ini. Semoga Karang Taruna dapat berperan besar dalam upaya pencegahan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional." tutup Airlangga.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA