Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bocah Buka Jendela Citilink Langgar SE Kemenhub, Alvin Lie: Siapa yang Bertanggung Jawab?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 28 September 2021, 13:44 WIB
Bocah Buka Jendela Citilink Langgar SE Kemenhub, Alvin Lie: Siapa yang Bertanggung Jawab?
Maskapai penerbangan Citilink/Net
rmol news logo Insiden terbukanya pintu darurat pesawat Citilink tujuan Batam-Jakarta yang dilakukan oleh bocah berusia 6 tahun menjadi pertanyaan publik.

Sebab hingga kini, anak di bawah usia 12 tahun belum diperbolehkan untuk menaiki pesawat terbang sebagaimana dalam Surat Edaran Kemenhub 62/2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara.

Demikian ditegaskan pengamat penerbangan, Alvin Lie dalam merespons peristiwa terbukanya pintu darurat pesawat Citilink yang dilakukan oleh serang anak di bawah umur di Palembang.

"Larangan terbang bagi anak di bawah usia 12 tahun masih berlaku sebagaimana diatur SE 62/ 2021 Kemenhub," kata Alvin Lie kepada redaksi, Selasa (28/9).

Mantan komisioner Ombudsman ini mengamini, ada perubahan aturan yang termuat dalam SE 70/2021. Namun dalam SE perubahan itu, larangan anak-anak terbang masih berlaku.

"SE 70/2021 tidak menyatakan hal tersebut dicabut atau diubah. Tapi fakfanya, sering terlihat anak berusia di bawah 12 tahun melakukan perjalana udara. Termasuk bocah yang kemarin membuka cover jendla darurat pesawat Citilink," kritiknya

Atas kejadian tersebut, ia pun mempertanyakan pihak-pihak yang bertanggungjawab atas peristiwa yang membuat Pesawat Citilik dengan nomor penerbangan QQ 944 itu mendarat darurat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Senin kemarin (27/9).

"Siapa atau instansi mana yang berhak izinkan anak berusia di bawah 12 tahun sebagai penumpang? Landasan hukumnya?" tanya Alvin Lie. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA