Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Megawati akan Hadiri Peresmian Patung Soekarno di Semarang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 29 September 2021, 08:30 WIB
Megawati akan Hadiri Peresmian Patung Soekarno di Semarang
Pembangunan patung Ir Soekarno di Semarang setinggi 14 meter/Net
rmol news logo Peresmian patung Ir Soekarno yang dibangun PT Kereta Api Indonesia (KAI) di Semarang akan dihadiri putri sulung sekaligus Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri, Rabu (29/9).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini rencananya akan hadir secara virtual bersama keluarga.

Putri sulung Ir. Soekarno, Megawati Soekarnoputri, bersama keluarga, dijadwalkan hadir secara virtual dalam acara peresmian patung Proklamator RI yang dibangun oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) di Kota Semarang, Jawa Tengah.

"Ibu Megawati akan ikut hadir dalam acara peresmian. Karena pandemi covid-19, beliau dan keluarga hadir secara daring. Ibu Megawati direncanakan memberikan sambutan," kata Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, Rabu (29/9)

Hasto juga menyatakan, seluruh jajaran DPP PDIP berterima kasih kepada PT KAI serta warga masyarakat Semarang atas dibangunnya patung Soekarno yang akan diresmikan itu.

Bagi PDIP, PT KAI akan selalu menjadi bagian dari sejarah bangsa. Sebab di masa-masa awal kemerdekaan, tepatnya 3 Januari 1946, Soekarno-Hatta melakukan perjalanan 'hijrah' bersejarah ke Yogyakarta menumpangi kereta api.

Perjalanan yang tak mudah dilakukan di tengah kuatnya pengawasan penjajah Belanda yang masih berjejak di Nusantara saat itu, namun berhasil diwujudkan.

“Dalam masa sulit, Bung Karno juga pernah bekerja di Perusahaan Kereta Api Belanda di Jawa Timur. Hubungan emosional telah terbangun ketika Bung Karno menjadi buruh di perusahaan kereta api tersebut," tegasnya.

Patung Bung Karno tersebut dibuat Seniman I Nyoman Nuarta setinggi 14 meter. Lokasinya dikelilingi air karena dibangun di atas polder yang terletak di area Stasiun Tawang.

Digadang-gadang bahwa patung ini akan menjadi patung Bung Karno yang tertinggi di dunia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA