Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sandiaga Ingatkan Pelaku Usaha Patuhi CHSE Jelang Pembukaan Sektor Pariwisata

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 30 September 2021, 22:16 WIB
Sandiaga Ingatkan Pelaku Usaha Patuhi CHSE Jelang Pembukaan Sektor Pariwisata
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno/Ist
rmol news logo Sektor pariwisata Nusantara bersiap kembali aktif seiring dengan terkendalinya Covid-19. Hal ini seiring rencana Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang akan membuka pariwisata Nusantara dalam waktu dekat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengingatkan, pada saat pariwisata benar dibuka, semua pihak baik pelaku usaha wisata dan wisatawan untuk patuh protokol kesehatan.

Sandiaga juga mengingatkan terkait penerapan sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability) yang diharapkan dapat dipatuhi para pelaku usaha guna kepulihan sektor parekraf menyambut pariwisata era baru.

"Rumusnya dalam pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif adalah satu, yaitu penanganan Covid-19," kata Sandiaga dalam keterangannya, Kamis (30/9).

Kesungguhan pemerintah dalam mengakhiri pandemi Covid-19 dibuktikannya lewat penghargaan yang diterima Presiden Joko Widodo dalam Global Tourism Forum.

Kata Sandiaga, Jokowi mendapatkan penghargaan sebagai tokoh pariwisata dunia bukan karena Indonesia akan segera membuka sektor pariwisatanya, tetapi kewaspadaan serta penanganan Covid-19 yang dinilai komunitas pariwisata dunia patut dicontoh negara lain.

"Nah tentunya ini tidak boleh membuat kita jumawa, kita harus tetap berhati-hati dan saya melihat ada titik terang pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi lewat penerapan CHSE," katanya.

Penerapan CHSE yang menjadi standar utama ini akan disempurnakan lewat integrasi Aplikasi PeduliLindungi. Sehingga, tidak hanya mengontrol kasus Covid-19, lewat CHSE dan Aplikasi PeduliLindungi juga diharapkan dapat menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi para wisatawan.

"CHSE adalah kerja bersama, semua berkolaborasi. Sebagai gold standart, sertifikasi ini akan diintegrasikan dengan Aplikasi PeduliLindungi," demikian Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA