Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kenang Sabam Sirait, Bamsoet: Konsisten dan Tidak Mencla-mencle dalam Berpolitik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 01 Oktober 2021, 04:18 WIB
Kenang Sabam Sirait, Bamsoet: Konsisten dan Tidak Mencla-mencle dalam Berpolitik
Bambang Soesatyo saat takziah ke rumah duka Almarhum Sabam Sirait/RMOL
rmol news logo Sikap konsisten dalam berpolitik dari mendiang politikus senior sekaligus pendiri PDI Perjuangan Sabam Sirait, selalu menjadi teladan bagi generasi muda Indonesia.

Begitu kenang Ketua MPR RI Bambang Soesatyo seusai melayat ke rumah duka Sabam Sirait, di kawasan Depsos, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Kamis sore (30/9).

"Satu hal yang selalu kami teladani sebagai orang-orang muda hari ini adalah sikap dan konsistensi beliau dalam berpolitik," kata Bamsoet.

Ia menuturkan, kepergian almarhum Sabam Sirait untuk selama-lamanya merupakan suatu kehilangan yang cukup besar, tidak saja bangsa Indonesia, tetapi juga untuk semua anak bangsa.

"Tidak banyak politisi yang memiliki kemampuan dan keteguhan hati seperti Pak Sabam. Pak Sabam telah mengajarkan kepada kami bagaimana berpolitik yang beradab, berpolitik yang memiliki hati nurani, berpolitik yang konsisten tidak mencle-mencle dan tidak perlu memiliki rasa takut, benar adalah benar, salah adalah salah. Itu adalah sikap yang kami teladani," demikian Bamsoet.

Sabam yang lahir di Tanjungbalai, Sumatera Utara, pada 13 Oktober 1936 merupakan politisi ulung yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Kristen Indonesia (Parkindo) periode 1963 hingga 1967.

Kemudian pada tahun 1967 hingga 1973, Sabam ditetapkan sebagai sekjen resmi Parkindo. Ayah dari politisi PDIP, Maruarar Sirait ini merupakan salah satu pendiri dari Partai Demokrasi Indonesia saat fusi pada tahun 1973. Sejak saat itu juga, Sabam menjadi sekjen PDI hingga tahun 1986.

Setelah PDI berubah menjadi PDI Perjuangan, Sabam juga sempat didaulat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu).

Sabam Sirait telah memulai karir sebagai anggota DPR RI sejak tahun 1967. Sempat juga menjadi anggita Dewan Pertimbangan Agung di era Orde Baru. Pada Pemilu 2019 lalu, Sabam terpilih sebagai anggota DPD RI dari Jakarta.rmol news logo article






Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA