Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut Positif Merger 4 Pelindo, PPP: Pastikan Jajaran Direksi Diisi Orang-orang Terbaik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 01 Oktober 2021, 13:59 WIB
Sambut Positif Merger 4 Pelindo, PPP: Pastikan Jajaran Direksi Diisi Orang-orang Terbaik
Sekretaris Fraksi PPP DPR RI, Achmad Baidowi/Repro
rmol news logo Rencana merger empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pelabuhan yaitu PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo I-IV) menjadi satu Pelindo harus disambut baik.

Sebab, menurut Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Achmad Baidowi, merger akan membuat kinerja perusahaan ini memiliki standar yang sama dalam mengelola pelabuhan di Indonesia.

“Pelindo bisa meningkatkan kinerja layanan pelabuhan secara terintegrasi sehingga membuat pengguna jasa bisa menikmati layanan yang sama di semua pelabuhan di Indonesia,” ujar Awiek, sapaan karibnya kepada wartawan, Jumat (1/10).

Untuk memastikan kinerja layanan pelabuhan bisa meningkat secara konsisten, Awiek meminta Kementerian BUMN untuk selektif dalam memilih jajaran direksi, khususnya posisi Direktur Utama.

Dijelaskan Awiek, ada beberapa syarat yang perlu dimiliki Dirut Pelindo yang baru. Pertama, harus pengalaman dalam jasa layanan pelabuhan. Sehingga tidak perlu beradaptasi lebih lama saat memimpin merger Pelindo yang membutuhkan akselerasi cepat.

“Kedua, Dirut Pelindo harus bisa mengerti dan mampu melakukan konsolidasi bisnis dan menentukan arah kebijakan yang progresif agar mampu bersaing dengan pelabuhan-pelabuhan internasional lainnya, sehingga bisa meningkatkan daya saing logistik Indonesia,” jelasnya.

Lebih penting lagi, lanjut anggota Komisi VI DPR RI ini, Dirut Pelindo harus mempunyai hubungan yang baik dengan semua karyawan Pelindo yang jumlahnya ribuan orang.

Tidak boleh ada pemutusan hubungan kerja di semua unit perusahaan, baik yang sebelumnya berinduk pada Pelindo I hingga Pelindo IV.

“Dirut harus mampu memastikan perusahaan tidak terpecah dan memaksimalkan peran SDM yang ada agar bisa saling menyempurnakan kekurangan yang ada,” pungkas legislator asal Madura ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA