Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Resmikan Ground Breaking Papua Youth Creative Hub, Jokowi: Ini Wadah Kreativitas Anak Muda Papua

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 02 Oktober 2021, 15:58 WIB
Resmikan Ground Breaking Papua Youth Creative Hub, Jokowi: Ini Wadah Kreativitas Anak Muda Papua
Presiden Joko Widodo bersama Ketua DPR RI Puan Maharani dan Kepala BIN Budi Gunawan saat meresmikan Ground Breaking Papua Youth Creative Hub atau Papua Muda Inspiratif (PMI), Sabtu, 2 Oktober/Repro
rmol news logo Presiden Joko Widodo meresmikan Ground Breaking Papua Youth Creative Hub atau Papua Muda Inspiratif (PMI). Rencananya, gedung ini akan dijadikan pusat penggerak untuk mengembangkan bakat pemuda dan pemudi di Papua.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dikatakan Presiden Jokowi, rencana pembangunan itu tidak lain karena dia ingin memberikan ruang yang sebesar-besarnya kepada pemuda inspiratif Papua. Termasuk juga, dia mendapatkan masukan dari Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan terkait rencana itu.

"Bahwa yang berkumpul di Papua muda inspiratif bukan hanya ratusan namun ribuan, sangat bagus sehingga kita harapkan nantinya Papua Youth Creative Hub bisa menjadi motor penggerak, menjadi pusat pengembangan talenta-talenta hebat di Tanah Papua, menjadi pusat kreatif anak-anak muda Papua dalam memperkuat sistem inovasi yang ada," ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya, Sabtu (2/10).

Jokowi mengatakan, pembangunan Papua Youth Creative Hub diharapkan dapat menggali potensi kreativitas anak-anak muda Papua. Dia yakin potensi dari anak-anak muda masih banyak dan perlu wadah untuk dapat dikeluarkan.

“Saya yakin masih banyak potensi yang belum tergali dan belum terkembangkan. Itulah tugas kita baik di Papua maupun Papua Barat, banyak bibit-bibit unggul dan talenta-talenta yang sangat baik di bidang sains, budi budaya maupun dibidang olahraga. Dan ini jadi tugas besar kita semuanya untuk menyiapkan manajemen talenta yang baik dan tertata,” terangnya.

Jokowi menyampaikan, bahwa di gedung ini akan menjadi masa depan yang cerah untuk menciptakan bakat-bakat anak-anak muda Papua. Mulai dari enterpreneurship, petani Milenial, hingga pemuda Papua yang memiliki bakat dibidang digitalisasi.

Sementara itu, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan menyampaikan, gedung Papua Youth Creative Hub akan merujuk pada bangunan identik dengan Tanah Papua untuk menampung seluruh bakat-bakat anak-anak Papua dan Papua Barat dalam mengembangkan kreativitasnya.

"Bangunan ini nantinya akan dikelola secara profesional oleh putra-putra daerah Papua serta mendapatkan pendampingan dan bntuan baik teknis maupun praktis dari lembaga kementerian maupun lembaga sejenis para stakeholder agar sustainable secara profesional dan finansial,” jelasnya.

Budi Gunawan menambahkan, pembangunan gedung Papua Youth Creative Hub juga menjadi sejarah baru sekaligus pelopor kemajuan bagi generasi pemuda-pemudi Papua.

"Groundbreaking kali ini menjadi tonggak sejarah, simbol pemersatu sekaligus pelopor kemajuan bagi generasi pemuda Papua untuk bermengekspoitasi talenta muda-mudi yang telah dikembangkan di 7 wilayah adat Papua yang saat ini beranggotakan 2.025 orang di provinsi Papua dan Papua barat,” katanya.

Komunitas Papua Youth Creative Hub atau Papua Muda Inspiratif memiliki keanggotaan sebanyak 2.025. Ini sudah berkembang sejak pertama kali pada 2019 bertemu Presiden Joko Widodo berjumlah 21 orang.

Pembangunan Gedung Papua Youth Creative Hub yang berada di Jalan Poros, Distrik Abepura, Jayapura, Papua, akan melibatkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) dengan menelan biaya Rp 95 Miliar dan ditargetkan akan selesai pada Oktober 2022.

Turut hadir pada peresmian itu, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala BIN Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA