Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Teladan Sabam Sirait di Mata Yasonna: Konsisten Berpihak pada Wong Cilik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 03 Oktober 2021, 14:30 WIB
Teladan Sabam Sirait di Mata Yasonna: Konsisten Berpihak pada Wong Cilik
Mendiang Sabam Sirait/Net
rmol news logo Jejak perjuangan pendiri Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sabam Sirait sangat dirasakan oleh banyak tokoh nasional. Salah satunya Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Yasonna  menyampaikan pernyataan terakhirnya untuk mendiang ayah Maruarat Sirait itu. Yasonna menceritakan jasa Sabam untuk dirinya sebelum dan sesudah menjadi pejabat tinggi negara.

"Seorang sahabat dan seorang guru politik saya, sejak saya mahasiswa sudah sebagai kader GMKI sejak tahun 70-an bahkan pada awal-awal Bang Sabam dengan teman-teman PDI pada waktu itu berjuang kampanye di Sumatera Utara saya sudah terekspose dengan senior saya ini,” ucap Yasonna di rumah duka, Minggu (3/10).

Menurutnya, pertemuannya dengan Sabam tersebut menjadikan sejarah hidup politiknya saat ini. Titik tolak sejarah didapat dari sosok Sabam Sirait, lantaran sejak awal mantan Sekjen Parkindo itu telah mendorong Yasonna untuk menjadi seorang pejabat dan legislator.

"Itulah yang membentuk garis politik saya mengikuti jejak Bang Sabam. Dia mendorong saya dan teman-teman saya pada waktu 99 paska reformasi menjadi anggota DPRD  dan DPR RI,” katanya.

Yasonna mengatakan, Sabam Sirait merupakan orang pertama yang mendukungnya masuk ke jalur polltik dan menyampaikan kepada Taufik Kiemas untuk memasukkan Yasonna ke parlemen.

“Momen penentuan Caleg waktu itu Bang Sabam dan Bang Lumbangaol di wisma PGI menelefon Pak Taufik Kiemas. Dia bilang Pak Taufik, "Fik adik saya doktor dari Amerika Yasonna" kita calonkan menjadi anggota DPR RI,” kata Yasonna menirukan pernyataan Sabam Sirait.

“Barangkali itulah pintu awal saya menuju pentas nasional,” imbuhnya.

Pihaknya mengaku banyak belajar dari Sabam Sirait soal politik nasional. Selama ia mengenal mantan anggota DPD asal Jakarta itu, Yasonna mengaku belajar soal konsistensi mengamalkan kesederhanaan dan integritas.

Sabam Sirait, di mata Yasonna selalu teguh menjaga prinsip saat dibenturkan oleh berbagai masalah baik politik, organisasi dan keberpihakannya pada orang kecil.

“Tidak meinggalkan prinsip keteguhannya dalam bersikap dan mengajarkan kami adik-adiknya di Matraman PDIP tentang keberpihakan terhadap keadilan dan tentunya kepada wong cilik kepada orang-orang kecil, seorang tauladan kita semua,” tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA