Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jazilul Fawaid: Maklum Elektabilitas Prabowo Subianto Moncer, Sudah Dua Kali Nyalon Presiden

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 07 Oktober 2021, 22:26 WIB
Jazilul Fawaid: Maklum Elektabilitas Prabowo Subianto Moncer, Sudah Dua Kali Nyalon Presiden
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto/Net
rmol news logo Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang moncer di lembaga survei, bukanlah suatu hal istimewa. Setidaknya, hal ini menjadi pandangan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, maklum jika elektabilitas Prabowo saat ini masih yang tertinggi, pasalnya mantan Danjen Kopassus itu sudah berulang kali uji nasib di Pilpres.
 
”Pilpres 2024 itu semua Capres pasti wajah baru, tidak ada incumbent. Seandainya ada yang ikut lagi, itu orang yang berulang kali ikut, Pak Prabowo," kata Jazilul dalam webinar "Partai dan Tokoh Calon Presiden: Kecenderungan Sikap Pemilih Menjelang 2024" pada Kamis (7/10).

"Kan selebihnya belum pernah nyalon. Maklum saja Prabowo tertinggi tingkat popularitasnya karena sudah dua kali nyalon presiden,” sambungnya.

Direktur Riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Deni Irvani mengatakan, dalam survei terbaru, Prabowo unggul 22,5 persen dibandingkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 20,5 persen. Tetapi, tren elektabilitas Prabowo berada dalam tren negatif.

"Prabowo Subianto pada Mei 2021 elektabilitasnya 26 persen dan terbaru 22,5 persen. Sementara Ganjar mendapat 20,5 persen atau naik dibandingkan periode Mei dengan catatan 16,3 persen," ujar Deni.

Di bawah nama itu ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 16,1 persen naik dari 15,7 persen, Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno 7,3 persen turun dari 8,3 persen, Menteri Sosial Tri Rismaharini 6,6 persen naik dari 5,4 persen.

Berikutnya Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 5,4 persen naik dari 4,7 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 5,2 persen turun dari 5,6 persen dan Ketua DPR RI Puan Maharani 1,5 persen turun tipis dari 1,6 persen.

"Sementara masih ada pemilih yang tidak menjawab atau mengaku tidak tahu 14,9 persen atau turun dari sebelumnya 16,5 persen," pungkasnya.

Survei dilakukan pada media 15-21 September 2021 dengan melibatkan 1.200 responden yang diwanancara secara tatap muka.

Metode yang dipakai adalah multistage random sampling dengan toleransi kesalahan plus minus 3,19 pwrsen pada tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA