Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gubernur Sulbar dan Bupati Polman Sambangi Kemeninves, Bahas Progres Pemetaan Investasi Kakao

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 07 Oktober 2021, 23:53 WIB
Gubernur Sulbar dan Bupati Polman Sambangi Kemeninves, Bahas Progres Pemetaan Investasi Kakao
Pertemuan Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar dan Bupati Polewali Mandar (Polwan), Andi Ibrahim Masdar dengan Kementerian Investasi/Repro
rmol news logo Setelah beberapa kali dilaksanakan koordinasi dan pra-studi di Sulawesi Barat, Kementerian Investasi (Keminves) mendorong pengembangan proyek Industri Pengolahan Hasil Perkebunan (IPHP).

Ketua Tim Ahli Proyek Peta Peluang investasi IPHP Sulbar, Rasminto mengatakan, komoditas kakao dipilih sebagai proyek investasi strategis di Sulbar.

"Dihasilkan beberapa rangkuman, di antaranya terpilihnya komoditas kakao dengan jenis industri usulan berupa pembuatan cocoa powder dan cocoa butter," kata Rasminto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/10).

Rasminto menerangkan, lokasi usulan dan skema penyediaan lahan serta skema kerjasama yang diterapkan juga masuk dalam pembahasan rapat

"Lokasi usulan berada di Kecamatan Binuang yang sudah dikaji aspek pola ruang berdasarkan RTRW Kabupaten Polman sebagai Kawasan Peruntukan Industri," sebutnya.

Kata Rasminto, tersedianya utilitas juga dapat mendukung pengembangan industri, seperti adanya pelabuhan Tanjung Silopo yang berjarak 14 km dari lokasi indikatif, dan 1,4 km ke jalan Trans Nasional Sulawesi.

Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar, mengucapkan terimakasih kepada Keminves yang telah memilih Sulbar untuk memunculkan potensi daerahnya.

Ali menegaskan untuk merealisasikan potensi Sulawesi Barat diperlukan peningkatan sinergi semua pihak.

"Peningkatan sinergi mulai dari tingkat provinsi hingga tingkat kabupaten perlu ditingkatkan. Bila semua bekerja sama diperkirakan dalam satu bulan dapat menghasilkan status clear untuk lahan terpilih nantinya," ujar Ali.

Ali memastikan, Pemprov Sulbar juga sudah melakukan kegiatan survei langsung ke Desa Kuajang sebagai wujud komitmen bersama, sehingga Pemprov Sulbar dapat mengetahui secara langsung kondisi lahan.

Senada dengan Gubernur Sulbar, Bupati Polewali Mandar (Polwan), Andi Ibrahim Masdar, menyampaikan bahwa upaya selama ini sudah banyak dilakukan oleh Pemkab Polman, khususnya terkait kakao.

"Beberapa rencana kolaborasi dengan wilayah luar seperti Makassar pernah dilakukan, namun tidak berjalan dengan baik karena kurangnya komitmen antarpihak," kata Andi.

Menurut Andi, beberapa investor luar negeri bahkan pernah akan masuk, seperti Nestle dan Barry Callebaut.  Namun mereka mengeluhkan tidak adanya fasilitas transportasi.

Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal Keminves, Nurul Ichwan, mengapresiasi pertemuan yang berhasil dilaksanakan. Dia menyampaikan, sudah ada investor yang siap dari tiga negara untuk berinvestasi di sana.

"Dari Jepang, Cina dan Korea Selatan," kata Nurul. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA