Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Spanduk Airlangga Hartarto Mulai Terpasang di Warung-warung Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Minggu, 10 Oktober 2021, 15:45 WIB
Spanduk Airlangga Hartarto Mulai Terpasang di Warung-warung Jakarta
Spanduk bergambar Airlangga Hartarto terpasang di warung penjaja makanan di Jakarta/Ist
rmol news logo Masing-masing tokoh pemimpin potensial di pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang terus beredar di tengah-tengah masyarakat. Baik kerja mesin politik partai ataupun para relawan.

Di berbagai titik Jakarta juga mulai beredar spanduk Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Rata-rata yang memasang spanduk Airlangga Hartarto adalah para pelaku usaha yang bergabung dengan komunitas UMKM usAHA.

Salah satu warga itu yakni pemilik warung jajanan milik Afria Fitriani yang berlokasi di bilangan Gandaria, Jakarta Selatan.

Di warung kecil miliknya, terpampang spanduk bergambar wajah Menko Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

Afria mengatakan, ia dibantu oleh pengurus UMKM usAHA yang memasang spanduk tersebut sebagai penanda anggota komunitas, dimana Airlangga Hartarto adalah pembinanya.

Menurut Afria, pemasangan spanduk itu tidak memberikan kerugian untuk diri dan warungnya. Bahkan ia mengaku senang, karena spanduk tersebut justru memudahkan pelanggan dan ojek online yang mencari warungnya.

"Kan ada nama warungnya di spanduk,  orang-orang jadi gampang nyari warung saya di, soalnya udah jelas ada namanya tuh Pop Ice & Seblak Mpo," ungkap Mpok, sapaan akrab Afria, kepada wartawan di Jakarta, Kamis (7/10).
 
Ketika ditanya soal keterkaitan spanduk dengan status Airlangga yang juga seorang politisi, Afria mengaku tidak mempermasalahkan jika ada yang bilang hal tersebut merupakan aktivitas kampanye, karena caranya tidak merugikan dan justru membawa manfaat.

Menurutnya, hal itu merupakan sesuatu yang wajar, mengingat Airlangga adalah seorang politisi.

"Jika tujuannya mau memperkenalkan diri ke masyarakat, siapa saja boleh. Apalagi kalau caranya bermanfaat seperti Pak Airlnggga ini, dengan menunjukkan kepedulian pada pedagang kecil seperti kita dan memberi pelatihan," kata Afria.

Ibu rumah tangga berusia 45 tahun itu mengaku, awalnya bergabung karena diajak ikut pelatihan untuk UMKM, oleh koordinator dari UMKM usAHA, yang kebetulan ia kenal baik.

Afria pun kemudian bersedia mendaftar dan ikut pelatihan secara online.

Hal pertama yang Afria dapatkan dari pelatihan online itu adalah bagaimana mengelola keuangan untuk berdagang.

Menurut Afria, diusianya yang sekarang, ia merasa kesulitan untuk belajar kembali. Namun ia merasa, pelatihan yang diberikan cukup mudah dipahami.

"Saya jadi tahu ngelola keuangan, misah-misahinnya. Dulu kan tidak tau apa-apa tuh, ya jualan asal jualan aja, pas ikut itu jadi, ooooh begini ya ternyata. Saya juga jadi paham soal cara ngejualin dagangan yang efektif gimana. Enaklah pokoknya, nambah ilmu," ungkap Afria.

Setelah itu, Afria baru dikrimi spanduk warung dan banyak kantong belanja non-plastik, yang diberikan secara cuma-cuma untuk pelanggannya.

"Kantongnya itu bermanfaat banget buat saya, karena saya kan jadi ngurangin modal buat kantong plastik ya. Terus kantongnya bagus, bukan plastik gitu, gratis pula," ujarnya.

Selain warungnya, Afria mengatakan ada ratusan UMKM lain di Jakarta yang ikut pelatihan dan bergabung dalam komunitas, namun Afria tidak mengetahui jumlahnya secara pasti.

"Kalau waktu pelatihan sih ada lah seratusan, kalau di group se Jakarta Selatan aja mungkin ada sekitar 300 an," pungkas Afria.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA